Samsul Bahri
Samsul Bahri

Kamis, 02 Desember 2021 11:24

IST
IST

Capaian Vaksinasi Meningkat, Pemkab Takalar Optimis Capai 70 Persen Vaksinasi Diakhir Tahun

Omicron beredar di udara dan tidak bisa dilawan hanya dengan kekebalan tubuh alami manusia. Tetapi harus dibantu dan dilawan dengan vaksinasi yang dilakukan saat ini.

TAKALAR, BUKAMATA - Pemkab Takalar melakukan rapat koordinasi dan evaluasi capaian program Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Takalar untuk menuju 70% Herd Immunity di Gedung Islamic Center, Kabupaten Takalar, Rabu (1/12/2021).

Rapat yang dipimpin langung oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta dihadiri para Anggota Forkopimda Takalar, para Kepala OPD Lingkup Takalar, para Camat, para Kepala Puskesmas, para Kepala Sekolah SMA/SMP sederajat serta para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Takalar.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta menyampaikan, pemerintah terus melakukan upaya dalam capaian program Vaksinasi Covid-19 menuju 70% herd immunity sesuai dengan Instrukai Presiden RI.

"Kepada para camat saya menghimbau agar melakukan evaluasi harian ditingkat kecamatan dan mendata jumlah warga yang sudah melaksanakan vaksin di setiap desa," tegas Syamsari.

Para Kepala Desa dan Lurah tambah Syamsari, bekerjasama dengan tim vaksinasi di puskesmas untuk melakukan metode atau cara agar masyarakat mau melakukan vaksinasi, bagi warga yang disekitar pesisir dapat dilakukan vaksinasi di sore hari saat warga sudah pulang melaut.

"Mari kita bersama-sama mensukseskan program nasional dan program Kabupaten untuk bisa meraih 70% herd immunity diakhir tahun 2021, dengan ikhtiar kita semoga kita dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk menghindari virus covid-19 yang mewabah saat ini," tutup Syamsari Kitta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, Rahmawati menyampaikan, capaian 70% herd immunity terus dikebut untuk mendapatkan kekebalan tubuh, mengingat adanya virus gelombang ketiga yaitu virus Omicron yang saat ini beredar di eropa yang jauh lebih berat dari virus varian pertama dan varian Delta.

Karena virus Omicron beredar di udara dan tidak bisa dilawan hanya dengan kekebalan tubuh alami manusia. Tetapi harus dibantu dan dilawan dengan vaksinasi yang dilakukan saat ini.

"Capaian vaksinasi Takalar saat ini untuk siswa SMA, SMK sederajat yang sudah divaksin sebanyak 74,47%, untuk tingkat SMP sederat baru mencapai 42,3%. Dan untuk update vaksinasi Kabupaten Takalar per tanggal 30 November 2021 kita sudah berada di 43,2%, kita masih harus mengejar 26,8% untuk mencapai 70% hear immunity. Takalar saat ini berada diurutan 12 dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel," jelas Rahma.

#Pemkab Takalar #Syamsari Kitta #Bupati Takalar

Berita Populer