Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Rabu, 06 Oktober 2021 18:12

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir, berfoto bersama stakeholder terkait usai rapat koordinasi lintas sektor, di Kabupaten Jeneponto, Rabu, 6 Oktober 2021.
Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir, berfoto bersama stakeholder terkait usai rapat koordinasi lintas sektor, di Kabupaten Jeneponto, Rabu, 6 Oktober 2021.

BBKP Makassar Akan Perketat Pengawasan di Pelabuhan Bungeng

Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi perkarantinaan, BBKP Makassar turun langsung melakukan kunjungan ke Kabupaten Jeneponto dan bertemu dengan instansi dan entitas terkait.

JENEPONTO, BUKAMATA - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar akan memperketat pengawasan di Pelabuhan Bungeng, Kabupaten Jeneponto. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masuk dan tersebarnya media pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) serta Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Kepala BBKP Makassar, Lutfie Natsir, mengatakan, dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi perkarantinaan, BBKP Makassar turun langsung melakukan kunjungan ke Kabupaten Jeneponto dan bertemu dengan instansi dan entitas terkait. Seperti pihak Pelabuhan Bungeng, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jeneponto, serta pelaku usaha.

"Pertemuan koordinasi dimaksud untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap tugas pokok karantina pertanian, untuk mencegah masuk dan tersebarnya media pembawa OPTK dan HPHK," kata Lutfie, Rabu, 6 Oktober 2021.

Pihaknya juga mempererat kerjasama dan dukungan pihak Polairud, KP3 Pelabuhan Bungeng, serta Otoritas Pelabuhan, dalam rangka pengawasan lalu lintas media pembawa OPTK dan HPHK.

"Kami harus memastikan pemberikan pelayanan tindakan karantina hewan di wilayah kerja yang ada di Kabupaten Jeneponto terlaksana dengan baik, dan diharapkan seluruh media pembawa yang masuk di pintu masuk Pelabuhan Bungeng bebas dari HPHK dan OPTK," terangnya.

Iapun berharap dukungan seluruh stakeholder yang terkait.

Sementara, salah satu pengguna jasa karantina, Akmal, menyambut baik kunjungan kerja jajaran BBKP Makassar. Ia menilai, koordinasi dengan BBKP sudah terjalin dengan baik sejak lama, dan tetap mematuhi aturan karantina pertanian yg berlaku.

"Mudah-mudahan Kabupaten Jeneponto terhindar dari penyebaran OPTK dan HPHK," harap Akmal. (*)

#BBKP Makassar #Balai Besar Karantina Pertanian Makassar #Lutfie natsir #Syahrul Yasin Limpo #Kementrian Pertanian