Aswad Syam
Aswad Syam

Senin, 07 September 2020 13:44

Misnah Attas
Misnah Attas

Cuma 1 Pendaftar, KPU Gowa Dan Soppeng Perpanjang Pendaftaran Bakal Calon

Hanya satu pendaftar, KPU memperpanjang pendaftaran dua daerah, Soppeng dan Gowa.

MAKASSAR, BUKAMATA - Pendaftaran bakal pasangan calon untuk pilkada serentak 2020 resmi ditutup pada Minggu (6/9/2020) kemarin.

Hanya saja, dari 12 daerah yang menggelar pilkada serentak di Sulsel, ada 2 daerah yang memperpanjang masa pendaftaran. Yakni Kabupaten Gowa dan Kabupaten Soppeng.

Pasalnya, pada masa pendaftaran bapaslon yang berlangsung pada 4-6 September lalu hanya ada satu pasang bakal calon yang mendaftar. Baik di KPU Kabupaten Gowa maupun di KPU Kabupaten Soppeng.

"Gowa dan Soppeng memperpanjang masa pendaftaran karena yang mendaftar hanya satu bapaslon," kata komisioner KPU Sulsel, Misna M Attas, Senin (7/9/2020).

Sesuai regulasi yang ada, baik KPU Kabupaten Gowa maupun KPU Kabupaten Soppeng membuka perpanjangan pendaftaran bakal calon pada 10-12 September 2020. Tapi sebelumnya, KPU menggelar sosialisasi perpanjangan selama tiga hari, yakni pada 7-9 September 2020.

"Sosialisasi tiga hari. Lalu perpanjangan pendaftaran tiga hari. KPU provinsi dan kabupaten/kota hanya mengikuti regulasi yang dibuat oleh KPU RI," tambah Misna.

Keputusan perpanjangan masa pendaftaran tersebut sesuai Peraturan KPU tentang pencalonan di pilkada. Tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2017, PKPU Nomor 15 Tahun 2017, dan PKPU Nomor 1 Tahun 2020.

Di Pilkada Gowa, hanya pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) yang mendaftar. Pasangan petahana itu diusung oleh sembilan parpol masing-masing PPP, NasDem, PAN, PKB, Demokrat, PDIP, Perindo, Golkar, dan PKS. Gabungan partai itu memiliki 38 dari 45 kursi di DPRD Kabupaten Gowa.

Satu partai tersisa, yakni Partai Gerindra hanya menjadi partai pendukung Adnan-Kio setelah berkasnya dicoret oleh KPU Gowa karena masalah administrasi.

Sementara itu, di Pilkada Soppeng hanya pasangan pasangan petahana Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide yang mendaftar.

Kaswadi-Lutfi diusung semua parpol di DPRD Kabupaten Soppeng. Masing-masing Partai Golkar 12 kursi, NasDem 5 kursi, PDIP 5 kursi, Gerindra 3 kursi, Demokrat 3 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing satu kursi dengan total 30 kursi.

Adapun partai nonparlemen berada dibarisan parpol pendukung Kaswadi-Lutfi. Masing-masing PAN, PBB, Hanura, Berkarya, Garuda, Gelora, dan Perindo.

Penulis : Rizal
#Pilkada Soppeng #KPU Sulsel