Redaksi
Redaksi

Senin, 04 Januari 2021 11:00

dr Wachyudi Muchsin SH
dr Wachyudi Muchsin SH

Muncul Varian Corona yang Lebih Ganas, Ini Nasihat IDI Makassar

IDI Makassar mengimbau warga agar disiplin menjaga protokol kesehatan. Ini bukan hanya untuk individu itu, tapi juga untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.

MAKASSAR, BUKAMATA - Virus Corona varian terbaru muncul. Namanya Corona B117. Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, dr Wachyudi Muchsin SH, menyebutkan, varian baru ini memiliki daya serang 70 kali lipat dibanding Covid-19.

Varian baru ini sebut dr Yudi -sapaan akrab dr Wachyudi Muchsin- sudah bisa menjangkau anak-anak yang imunnya lebih bagus dari orang dewasa. "Di Makassar sudah ada anak-anak yang kena," sebutnya.

Karenanya, dr Yudi mengimbau kepada seluruh masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Terutama 3M, yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Sering-seringlah mencuci tangan di air mengalir. Kalaupun tak pakai sabun, itu sudah menghilangkan virus. Tapi lebih bagus lagi kalau pakai sabun," jelasnya.

Pria yang juga akrab disapa "Dokter Koboi" ini juga meminta masyarakat untuk mengonsumsi suplemen vitamin, juga buah-buahan. Itu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, virus akan menyerang saat kekebalan tubuh menurun.

Dia menambahkan, imbauan untuk menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas rajin dia suarakan, mengingat rumah sakit rujukan di Makassar sudah penuh. Banyak pasien dari daerah yang antre. Sehingga mereka sementara dirawat di rumah sakit daerah dengan fasilitas terbatas.

Saat ini lanjut dr Yudi, antrean pasien Covid-19 di dua rumah sakit rujukan di Makassar, sudah mencapai 30 orang. Jika perilaku masyarakat masih belum disiplin dan menganggap biasa virus corona ini, maka dia memastikan ke depan, rumah sakit akan terus kebanjiran pasien.

"Karenanya, kami dari IDI Makassar mengimbau sekali lagi kepada seluruh warga masyarakat, ayo kita menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga masyarakat, menjaga Indonesia, menjaga Dunia, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, menerapkan 3M," pungkasnya.

#IDI Makassar #Covid-19