Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Kamis, 18 Januari 2024 19:09

Kantor Polresta Pelabuhan Makassar
Kantor Polresta Pelabuhan Makassar

Jual Tiket Pelni Palsu, Pria di Makassar Terancam Lima Tahun Penjara

Dalam aksinya, Adrian berperan sebagai pencari penumpang untuk ditawarkan tiket palsu. Sementara polisi juga masih mengejar pelaku lainnya yang identitasnya sudah dikantongi.

MAKASSAR, BUKAMATA - Jajaran Satreskrim Polresta Pelabuhan mengamankan seorang pria bernama Adrian Basri (34 tahun), di Kota Makassar, usai melakukan aksi penipuan dengan modus menjual tiket palsu. Adrian ditangkap saat tengah melakukan aksinya di Kawasan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, belum lama ini.

Kapolresta Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto, mengatakan, pelaku ini melakukan aksi kejahatan dengan menawarkan tiket kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tujuan Wilayah Jawa.

"Tiket Pelni yang dipalsukan dan dilakukan beberapa kali sehingga meresahkan bagi calon penumpang yang kebanyakan dari mereka mendesak masalah tiket sehingga mereka ditipu," ungkap Yudi saat ekspose di Mapolresta Pelabuhan Makassar, Kamis, 18 Januari 2024.

Kata Yudi, sudah banyak yang menjadi korban penipuan Adrian tersebut. Salah satu korban yang membuat laporan mengalami kerugian hingga Rp1,3 juta.

"Korban mengirim ke rekening bank sebesar Rp 1,3 juta, menjanjikan berangkat dari Makassar ke Jawa. Dari hasil interogasi, pelaku ini sudah melakukan kegiatan ini berulang kali dan banyak korban yang resah," ucapnya.

Dalam aksinya, Adrian berperan sebagai pencari penumpang untuk ditawarkan tiket palsu. Sementara polisi juga masih mengejar pelaku lainnya yang identitasnya sudah dikantongi.

"Modusnya yaitu, bahwasanya mereka menawarkan tiket kepada korban di sekitar kerumunan pengambilan tiket itu, ini juga bekerjasama dengan kawan-kawannya," jelas Yudi.

"Jadi, Adrian mencarikan tiket, lantaran tiket di loket habis. Kemudian pada hari berangkat, kawannya yang mengantar dan Adrian sudah di luar. Sampai ke dalam, korban merasa diterlantarkan, setelah dicek tiketnya, ternyata tiket itu palsu," sambungnya.

Atas perbuatannya, Adrian bakal dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan, dengan ancaman kurungan 5 tahun.

"Kita masih akan dalami lagi terhadap pelaku lain," tandasnya. (*)

#Tiket Pelni palsu #Penipuan #Polresta Pelabuhan Makassar #Pelabuhan Soekarno Hatta

Berita Populer