Hikmah
Hikmah

Kamis, 05 Januari 2023 16:22

Asri si Juru Bayar Divonis 13 Tahun Penjara, Keluarga Najamuddin Sewang Bakal Ajukan Banding

Asri si Juru Bayar Divonis 13 Tahun Penjara, Keluarga Najamuddin Sewang Bakal Ajukan Banding

Namun pihak keluarga tetap akan memusyawarahkan putusan hakim tersebut. Mereka akan melakukan banding apabila ada pihak keluarga yang tidak puas dengan putusan hakim.

MAKASSAR, BUKAMATA - Sidang lanjutan kasus pembunuhan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Najamuddin Sewang, kembali digelar di Pengadilan Negeri Makassar. Kamis (5/1/2023), siang ini.

Sidang berlangsung tanpa dihadiri langsung terdakwa di PN Makasssar oleh tiga terdakwa yakni Sulaiman, Chaerul Akmal dan Asri. Ketiganya hanya hadir secara daring.

Setelah pembacaan putusan terhadap terdakwa pelaku atas nama Asri, oleh majelis hakim selama 13 tahun, sempat terjadi cekcok di dalam sidang.

Teriakan keberatan atas penetapan tersebut dilontarkan oleh beberapa hadirin sidang. Bahkan sempat terjadi adu fisik antar hadirin sidang.

Sedangkan sidang untuk dua pelaku lainnya yakni atas nama Chaerul Akmal dan Sulaiman diselenggarakan besok di tempat yang sama.

Juni Sewang selaku kakak dari korban yakni Najamudding Sewang, menuturkan bahwa ia secara pribadi puas dengan putusan hakim. Namun pihak keluarga tetap akan memusyawarahkan putusan hakim tersebut. Mereka akan melakukan banding apabila ada pihak keluarga yang tidak puas dengan putusan hakim.

Ia pun menuturkan bahwa sebelumnya tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ialah 15 tahun penjara, sedangkan hakim memutuskan 13 tahun penjara. Hal tersebut yang membuat beberapa pihak kecewa bertanyatanya perihal turunnya hukuman vonis hakim.

Karena merasa 13 tahun itu tidak sesuai tidak sebanding dengan tuntutan yang dijatuhkan sama jaksa penuntut.

"Jaksa penuntut kan kemarin menuntut 15 tahun sedangkan hakim memutuskan 13 tahun pertimbangannya itu kok turun apa yang menjadi pertimbangan hakim sehingga ini turun padahal kan sama-sama turut serta ini 340 pembunuhan berencana yang sudah direncanakan dari 2019, 2019 direncanakan, dieksekusi di 2022” katanya

Lebih lanjut ketika ditanyai oleh awak media, Juni menuturkan bahwa Terdakwa Asri ini berperan sebagai juru bayark sekaligus ajudan dari Iqbal. Asri juga yang bertugas menunjukkan target kepada para pengeksekusi.

“Asri perannya dia juru bayar, sekaligus penunjuk korban karena yang mengetahui korban itu Asrinya. Asri ajudannya Iqbal.” tutur Juni.

Penulis : Baso Pattola Ade
#Najamuddin Sewang

Berita Populer