Samsul Bahri
Samsul Bahri

Sabtu, 24 September 2022 19:30

Bupati Gowa Harap Program MUI Jadi Rujukan Pembangunan Daerah di Sektor Keagamaan

Bupati Gowa Harap Program MUI Jadi Rujukan Pembangunan Daerah di Sektor Keagamaan

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada kerja-kerja MUI, pihaknya berencana akan membangunkan kantor sekretariat. Pembangunannya akan menggunakan APBD Perubahan Tahun 2022.

GOWA, BUKAMATA - Program-program yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa diharapkan mampu disinergikan atau menjadi rujukan bagi pembangunan daerah di sektor keagamaan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, di era kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, sektor keagamaan menjadi program prioritas yang dicanangkan. Peran MUI pun dinilai sangat dibutuhkan untuk menyukseskan program tersebut.

Olehnya ia berharap, melalui rapat kerja yang digelar MUI Kabupaten Gowa saat ini mampu memberikan referensi dan rekomendasi untuk program keagamaan Pemkab Gowa di tahun mendatang.

"Kita harap program MUI bisa menjadi rekomendasi atau referensi bagi pemerintah daerah untuk menjadi rujukan dalam program pembangunan di 2023 mendatang," katanya saat hadir dalam Rapat Kerja Pengurus MUI Gowa Masa Khidmat 2022-2027 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Sabtu (24/9/2022).

Adnan mengaku, di era saat ini memang sangat dibutuhkan kolaborasi dalam membangun suatu daerah. Olehnya, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Gowa terus berharap kolaborasi dengan MUI dapat terus terjalin untuk bisa mengakomodir program-program yang memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, khususnya umat muslim di masa mendatang.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada kerja-kerja MUI, pihaknya berencana akan membangunkan kantor sekretariat. Pembangunannya akan menggunakan APBD Perubahan Tahun 2022.

Lanjut Adnan, Pemerintah Kabupaten Gowa saat ini memiliki program pendidikan dan keagamaan yang membutuhkan dukungan dari MUI. Menurutnya, program ini menjadi hal yang sangat penting dalam pembangunan daerah.

"Dalam sebuah literatur disebutkan bahwa Rasulullah SAW membangun peradaban dengan tiga cara yaitu, pendidikan, ketakwaan dan integritas," sebutnya.

Ia menjelaskan, salah satu program pendidikan dan keagamaan Pemkab Gowa yang dicanangkan adalah Program Mahasantri atau Satu Hafidz Satu Desa dan Kelurahan. Program ini menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Dalam implementasinya, para peserta yang ikut dalam program akan mengikuti program pembelajaran selama 3 tahun. Di mana mereka akan fokus menghapal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz milik Pemerintah Kabupaten Gowa. Setelah itu akan dikuliahkan selama satu tahun atau dua semester di UIN Alauddin Makassar dengan mata kuliah yang berkorelasi dengan hapalan Al-Qur’an, sehingga nantinya selain menjadi penghafal Al-Qur’an, juga akan mendapat gelar dan ijazah S1.

“Itulah kenapa di periode kedua saya bersama Wakil Bupati Gowa menjadikan Keagamaan menjadi program prioritas. Oleh karena itu, saya mengajak MUI Kabupaten Gowa untuk bisa terlibat mendukung dan berkontribusi agar betul-betul pendidikan di Kabupaten Gowa berjalan sesuai dengan koridor-koridor,” harapnya.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Gowa, KH. Abubakar Paka dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terutama Pemkab Gowa yang selama ini membantu dan mendukung penyelenggaraan kegiatan MUI Kabupaten Gowa.

“Tentu lebih khusus kepada Bapak Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa yang banyak membantu mulai dari Musda sampai pengukuhan dan raker pada hari ini. Semoga Bapak Bupati dan seluruh jajaran senantiasa sehat dan sukses dibawa lindungan Allah SWT," ucapnya.

KH Abubakar Paka berharap kepada seluruh pengurus MUI Kabupaten Gowa yang baru saja dikukuhkan untuk bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sebagai pengayom umat dan mitra pemerintah.

“Dengan pengukuhan ini, bapak ibu dan kawan-kawan semuanya mari kita siap untuk mengemban amanah yang ada di atas pundak kita,” harapnya.

Turut hadir dalam Pengukuhan dan Raker Pengurus MUI Kabupaten Gowa Masa Khidmat 2022-2027, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Ketua MUI Sulsel, Prof KH Nadjamuddin, Dandim 1409 Gowa, Letkol INF Muhammad Isnaeni Natsir.

#MUI Gowa #Adnan Purichta Ichsan #Pemkab Gowa