Samsul Bahri
Samsul Bahri

Kamis, 02 Juni 2022 13:12

Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani.
Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Pemkab Luwu Utara Susun Program Penyuluh Pertanian Bersama Kelompok Tani

Kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan secara bersama sesuai RPJMD Kabupaten Luwu Utara 2021-2026.

LUWU UTARA, BUKAMATA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara melakukan rapat penyusunan program penyuluh lapangan pertanian di Aula lagaligo, Kantor Bupati Luwu utara, Kamis (2/06/2022).

Rapat program penyusunan penyeluh pertanian itu dihadiri 100 orang peserta. Diantaranya, penyuluh lapangan pertanian, petani maju, kelompok tani, petani milenial dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Kepala Dinas Pertanian Rusdi Rasyid dalam laporannya mengatakan, dua tahun terakhir, kegiatan penyusunan programa penyuluh pertanian tidak dapat dilaksanakan akibat adanya pandemi, baru saat ini bisa di selenggarakan sebagai wujud komitmen dalam melaksanakan amanah regulasi.

"Kami berharap SKPD teknis memberikan kontribusi. Karena kontribusi sektor pertanian dari data BPS tahun 2020 ada diangka 47,02 persen, sedangkan di tahun 2021 49,04 persen. Ada peningkatan produksi sektor pertanian, semoga sektor ini sebagai penyelamat di saat krisis," harap Rusdi Rasyid.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menjelaskan, kegiatan penyusunan sangat penting dilaksanakan, karena penyusunan programa penyuluh pertanian dilakukan secara berjenjang.

"Ini ibarat sebuah aplikasi dan detail menunya ditentukan bagi para peserta yang hadir dan tetap mengacu pada RPJMD," tutur Indah.

Substansi sebenarnya, tambah Indah, melakukan penguatan dilihat dari aspek kelembagaan penyuluh pertanian, ketenagaan, penyelenggaraan, sarana dan prasarana, aksi di lapangan dan dukungan pembiayaan.

"Implementasikan di lapangan, bukan hanya perencanaannya saja, karena sektor pertanian telah terbukti dalam peningkatan perekonomian di Luwu Utara, jadi diharapkan mengawal mulai dari produksi sampai pasca produksi sehingga value dapat dirasakan masyarakat," imbuh Indah.

Kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan secara bersama sesuai RPJMD Kabupaten Luwu Utara 2021-2026."Jadi kita bisa mendorong petani ini selalu berinovasi, sehingga dapat berkontribusi dalam pertanian di Luwu utara," terang Indah.

Rapat penyusunan perogram penyuluh ini turut dihadiri, Sekretaris Daerah, Armiadi, Kepala Bappelitbanda Alauddin sukri, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan ( DKP), Muharwan, Para Camat, Koordinator Balai penyuluhan Pertanian (BPP) dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Luwu Utara.

 

#Pemkab Luwu Utara #Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani