Ulfa
Ulfa

Kamis, 02 Desember 2021 15:05

Kapolres Palopo Kumpulkan Seluruh Bhabinkamtibmas

Kapolres Palopo Kumpulkan Seluruh Bhabinkamtibmas

Yusuf Usman mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dalam menjaga ketertiban dan keamanan karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

PALOPO, BUKAMATA - Bhabinkamtibmas merupakan salah satu garda terdepan dalam konsep pemberdayaan keamanan di wilayah yang ditempatkan di kelurahan se-Kota Palopo. Tugasnya membina masyarakat terkait dengan pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam Pelaksanaan memaksimalkan mengenai warga yang belum lakukan Vaksinasi dan ketertiban wilayah masing-masing, Kapolres Palopo, AKBP H. Yusuf Usman secara khusus memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas jajarannya di Aula Bhakti Pratidina polres Palopo, Kamis (2/12/2021).

Yusuf Usman mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak dalam menjaga ketertiban dan keamanan karena langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Harapannya agar setiap Bhabin harus paham intel dasar di setiap wilayah binaannya dan harus mampu mengenal setiap tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tingkatkan silahturahmi,” kata Yusuf Usman.

Yusuf Usman meminta Bhabinkamtibmas untuk memberikan edukasi secara preemtif dan persuafif kepada warga, serta berikan imbauan kepada warga untuk ikut melaksanakan vaksinasi.

"Berikan masukan kepada pimpinan tentang kendala yang sering menimbulkan gangguan kamtibmas. Kita akan berikan reward setiap bulannya kepada Bhabin terbaik yang mampu membuat terobosan kreatif diwilayah binaannya," bebernya

“Bhabinkamtibmas memiliki partnership yang terdiri dari 3 pilar yakni Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Sebagai pioner dalam bidang Kamtibmas, seorang Bhabinkamtimas wajib mengetahui segala permasalahan di Kelurahannya termasuk didalamnya adalah sumberdaya manusia, dan alam termasuk potensi konflik maupun gangguan Kamtibmas yang menyertainya” tambahnya.

“Tugas utama Bhabinkamtibmas terletak pada pola preemtif dan preventif atau pencegahan. Lakukan Binluh, tatap muka, sehingga Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri hadir ditengah masyarakat,” tutupnya.

 

Penulis: Maulana

#Polres Palopo