Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 26 November 2021 17:57

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Soal Krisis Air Bersih, Ini Penjelasan Dirut PAM Palopo

Akibat banjir tersebut, air di dua sungai yang menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku yakni Sungai Latuppa dan Sungai Mangkaluku menjadi keruh.

PALOPO, BUKAMATA - Direktur Utama Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Palopo, M Tawakkal menjelaskan, penyebab tidak terdistribusinya air bersih ke sejumlah kelurahan di Kota Palopo.

Dia menyebutkan, salah satu kendala yang dialami pihaknya yakni terjadinya banjir di hulu sungai yang menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku.

Akibat banjir tersebut, air di dua sungai yang menjadi sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku yakni Sungai Latuppa dan Sungai Mangkaluku menjadi keruh.

"Terkait masalah air yang tidak mengalir di beberapa kelurahan, disebabkan tingginya tingkat kekeruhan air baku di Sungai Latuppa dan Sungai Mangkaluku disebabkan banjir di hulu," katanya, Jumat (26/11/2021).

Sehingga katanya, pihaknya memilih untuk memberhentikan pengelolaan air. "Sehingga pengolahan di offkan, ini terjadi pada saat magrib sampai tengah malam," jelasnya.

Sementara terkait pelayanan mobil tangki yang juga dikeluhkan warga, Tawakkal meminta maaf kepada warga. Sebab, katanya petugas lapangan harus melayani banyak wilayah.

"Karena banyaknya wilayah yang dilayani, sehingga terkadang waktunya tidak tepat untuk mobil tangki," jelasnya.

Saat ini katanya, Sungai Bambalu yang juga merupakan salah satu sumber air baku PAM Tirta Mangkaluku juga tengah dalam kondisi banjir.

"Namun masih ada sumber air cadangan yang yakni dari Sungai Tallu ke pengolahan, alhamdulilah masih stabil airnya," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Warga Peruhaman Griya Beach Permai, Kelurahan Malatunrung, Kota Palopo, mengalami krisis air bersih tiga hari terkahir.

Tidak hanya itu, warga juga mengeluhkan pelayanan Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Palopo. Pasalnya, selain air yang tidak mengalir ke rumah warga, pelayanan melalui mobil tangki milik PAM juga sering kali lambat dan tidak memenuhi kebutuhan air warga. (*)

Penulis : Hamka
#palopo #Air Bersih