Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 27 September 2021 10:43

Ilustrasi.
Ilustrasi.

5 Cara Obati Kurap Secara Alami

Kurap menyebabkan bercak merah, bersisik, dan gatal pada kulit. Seiring waktu, itu akan membentuk lingkaran atau cincin (atau beberapa lingkaran).

BUKAMATA - Kadas atau kurap merupakan penyakit kulit menular akibat infeksi jamur yang menyerang permukaan teratas kulit.

Kurap menyebabkan bercak merah, bersisik, dan gatal pada kulit. Seiring waktu, itu akan membentuk lingkaran atau cincin (atau beberapa lingkaran). Dari sinilah nama kadas juga kemudian dikenal dengan sebutan ringworm.

Jamur tinea biasanya hidup di jaringan kulit yang mati, termasuk kuku dan rambut. Tak ayal, kadas kerap ditemukan di lengan dan kulit kepala, tapi Anda juga bisa mendapatkannya di bagian mana pun di kulit Anda, termasuk wajah.

Untungnya, kadas atau kurap dapat diobati secara alami di rumah. Berikut lima bahan alami obati kadas.

1. Sabun dan air

Bila Anda menderita kadas, Anda harus menjaga area tersebut sebersih mungkin. Ini membantu mencegah penyebaran ruam lebih lanjut dan membantu menjaga area yang terkena tetap terkendali.

Sebagaimana dilansir CNNIndonesia dari Healthline, cuci area yang terkena dengan air dan sabun antibakteri setiap hari sebelum menerapkan pengobatan rumah lainnya di atasnya.

Keringkan area secara menyeluruh setelah mandi, karena kelembapan membuat jamur lebih mudah menyebar.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga dapat membantu mengobati kurap ketika dioleskan ke daerah yang terkena.

Untuk menggunakannya, rendam bola kapas dalam cuka sari apel murni dan usapkan bola kapas ke kulit Anda. Lakukan ini tiga kali sehari.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat mikroba dan antijamur yang dapat membantu mengobati infeksi kadas.

Minyak kelapa adalah obat rumah topikal yang sangat efektif untuk kurap dan infeksi jamur lain, seperti candida.

Karena mudah diaplikasikan pada kulit kepala dan kondisioner rambut yang efektif, minyak kelapa juga bisa menjadi bahan alami obati kadas yang ideal di kulit kepala.

4. Kunyit
Kunyit memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Kunyit juga merupakan antijamur yang efektif yang menghambat pertumbuhan. Campurkan kunyit segar, atau bumbu kunyit, dengan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan ke kulit Anda dan biarkan sampai mengering. Anda juga bisa minum air kunyit atau teh kunyit setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari dalam.

5. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat alami untuk infeksi bakteri dan jamur, tidak terkecuali kadas.

Lidah buaya dapat menjadi bahan alami obati kadas dan meredakan gejala gatal, peradangan, serta ketidaknyamanan di kulit.

Anda dapat menemukan salep dengan lidah buaya atau mengoleskan gel lidah buaya langsung ke area tersebut. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari.

 

 

#Kurap #Kesehatan

Berita Populer