Ilustrasi.
Ilustrasi.

Sering Tak Disadari, Ini 8 Kesalahan saat Mencuci Muka

Meski kebiasaan mencuci muka ini tidak membahayakan, namun hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering, berminyak, hingga berjerawat.

BUKAMATA - Banyak yang menganggap mencuci muka adalah sesuatu yang sederhana. Tidak heran banyak dari kita yang salah malakukan aktivitas ini.

Meski kebiasaan mencuci muka ini tidak membahayakan, namun hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering, berminyak, hingga berjerawat.

Berikut adalah kesalahan dalam mencuci muka yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Menggunakan Pembersih Wajah yang Tidak Sesuai

Langkah terpenting jika Anda ingin memiliki kulit yang mulus adalah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Ketahui jenis kulit Anda, apakah termasuk jenis kulit kering, berminyak, atau rentan berjerawat.

Pada umumnya, pembersih wajah harus bisa menghilangkan semua kotoran dari wajah tetapi tidak menghilangkan minyak alami kulit. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak atau kombinasi, sebaiknya gunakan anti-inflammatory foaming atau gel cleanser.

2. Menggunakan Air Terlalu Panas atau Dingin

Air panas bisa membuat kulit kering, sehingga membuat kelenjar memproduksi minyak secara berlebihan. Kesalahan saat mencuci muka ini sebaiknya diperhatikan terutama bagi Anda memiliki kulit berjerawat atau rosacea. Sedangkan cuci muka menggunakan air dingin mencegah pori-pori kulit untuk terbuka.

3. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Kesalahan dalam mencuci muka berikutnya adalah terlalu sering mencuci muka. Jika Anda memiliki kulit kering, membersihkan muka sebaiknya hanya dilakukan dua kali dalam sehari.

Mencuci lebih dari dua kali sehari akan mengeringkan kulit, sehingga menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan.

Jika Anda hanya mencuci muka sekali dalam sehari, pastikan untuk mencucinya pada malam hari bukan pada pagi hari. Cara ini akan menghilangkan semua kotoran dan polutan yang menumpuk di kulit sepanjang hari. Polutan udara berkontribusi pada penuaan kulit.

4. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk seiring berjalannya waktu. Cara ini dapat membantu produk wajah yang Anda gunakan untuk menembus kulit.

Namun, pengelupasan kulit terlalu sering bisa menjadi berbahaya. Teknik ini menyebabkan kekeringan, pengelupasan, dan iritasi. Beberapa pakar merekomendasikan untuk membatasi eksfoliasi seminggu sekali.

5. Menggunakan Cleanser yang Tidak Sesuai

Jika Anda menggunakan light cleansing lotion pada kulit kering,  gosokkan selama beberapa detik seperti yang Anda lakukan untuk pelembap. Cara ini memberi waktu pada oil dalam cleanser untuk menghilangkan minyak dan sisa makeup pada kulit.

Kesalahan umum lainnya adalah tidak memberikan cukup waktu pada produk untuk bekerja. Jika Anda menggunakan sabun pembersih untuk mengatasi jerawat, diamkan selama satu menit di kulit sebelum dibilas. Cara ini memberi bahan aktif cukup waktu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

6. Menggosok Wajah

Menggosok wajah akan menghilangkan lemak, protein, dan asam lemak yang melindungi kulit dari iritasi. Setelah dibersihkan, tepuk-tepuklah wajah secara lembut dengan handuk lembut. Terlalu kencang menggosok kulit wajah tidak menjamin kulit semakin bersih.

7. Melewatkan Cuci Tangan

Selalu cuci tangan Anda sebelum mencuci muka agar tidak memasukkan bakteri ke kulit. Bahkan jika Anda tidak memiliki luka terbuka atau jerawat yang terlihat, Anda perlu memastikan tangan  bersih saat menyentuh wajah, atau Anda berisiko memasukkan bakteri ke kulit.

8. Hanya Menggunakan Makeup Remover Wipes

Meskipun sangat nyaman, makeup remover wipes dapat menyebabkan masalah kulit. Produk ini sebenarnya justru mengoleskan kotoran, riasan, dan minyak ke seluruh kulit daripada menghilangkannya. Saat Anda menggunakannya, lanjutkan dengan pencucian penuh sesegera mungkin. Perlu Anda ketahui, tidur dengan makeup masih menempel pada kulit akan menghambat peremajaan kulit.

 

#Mencuci Muka #Kesehatan