Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 26 Maret 2021 15:35

Cita Citata. IST
Cita Citata. IST

Cita Citata Diperiksa KPK Terkait Kasus Bansos Covid-19

Cita Citata tiba pukul 14.45 WIB di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

BUKAMATA - Pedangdut Cita Citata diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Nama Cita Citata disebut oleh mantan pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos) Adi Wahyono, dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Tipikor pada 8 Maret 2021.

Cita Citata tiba pukul 14.45 WIB di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Dia terlihat mengenakan pakaian dan masker dengan warna senada yakni hitam.

"Jaga jarak ya, jaga jarak,” ujar Cita sembari melenggang masuk ke Gedung Merah Putih, Jumat (26/3/2021).

Selain Cita, KPK juga memanggil tiga saksi lainnya, yaitu dari PT Guan Nata Dirga, Wempi; wiraswasta, Vijaya Fitriyasa; dan Rachmad Sulomo.

Cita Citata sendiri sebelumnya membagikan foto amplop surat panggilan pemeriksaan dari KPK di Instagram.

“Bismillah, Insya Allah saya mewakili seluruh seniman, penyanyi, dan para pejuang nafkah halal untuk keluarga,” tutur sang pedangdut.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan eks Mensos Juliari Peter Batubara dan dua PPK, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono menjadi tersangka.

KPK menduga melalui bawahannya itu, Juliari mengambli fee Rp 10 ribu dari tiap paket bansos yang disalurkan ke wilayah Jabodetabek. Uang berasal dari para vendor yang mendapatkan proyek pengadaan bansos.

Dua pengusaha telah menjadi terdakwa pemberi suap yaitu Harry dan Ardian Iskandar Maddanatja. Mereka didakwa menyuap Juliari Batubara supaya dipilih menjadi penyedia paket bansos Covid-19.

Harry didakwa menyuap sebanyak Rp 1,28 miliar dan mendapatkan jatah 1,5 juta paket bansos. Sementara Ardian didakwa mendapatkan Rp 115 ribu paket bansos.

 

#Cita Citata #Korupsi