Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 29 Maret 2024 22:20

Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengenakan pakaian yang akan dilelang di acara fashion show Preloved for Charity, Jumat, 29 Maret 2024.
Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengenakan pakaian yang akan dilelang di acara fashion show Preloved for Charity, Jumat, 29 Maret 2024.

Dekranasda Preloved for Charity Berhasil Kumpulkan Rp146 Juta, Disumbangkan untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas

Barang preloved ini adalah barang berkualitas, memiliki sejarah tersendiri, dan hasilnya akan langsung disumbangkan untuk para pengrajin yang membutuhkan.

MAKASSAR, BUKAMATA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan sukses menggelar event "Dekranasda Preloved for Charity", yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, Jumat, 29 Maret 2024. Event ini berhasil mengumpulkan uang dari hasil lelang pakaian sebesar Rp146 juta, yang langsung disumbangkan kepada pelaku UKM dan pengrajin disabilitas.

Dekranasda Preloved for Charity ini melibatkan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Sulsel, dan Ketua Bhayangkari Sulsel. Pakaian yang dilelang, ditampilkan langsung oleh mereka melalui fashion show.

Pada acara ini, Penjabat Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, melelang dua pakaian miliknya. Gamis berwarna orange karya desainer Dian Pelangi yang pernah digunakan dalam acara di Kementrian Dalam Negeri, yang ditawar dengan harga Rp10 juta, serta Gamis Dubai yang dikenakan saat mendampingi Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menerima penghargaan CNN Award yang laku dilelang dengan harga Rp15 juta.

Para undangan yang hadir sangat antusias mengikuti lelang. Mereka tak segan menawar dengan harga tinggi pakaian yang ditampilkan dalam fashion show tersebut.

Selain milik Pj Ketua Dekranasda Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, tiga pakaian yang ditampilkan ditawar dengan harga yang cukup tinggi. Masing-masing, yang dikenakan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulsel dan Kota Makassar, serta Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai. Pakaian ketiganya laku terjual dengan harga Rp10 juta.

Sofha Marwah Bahtiar memberikan apresiasi kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Kota, Ketua Dharma Wanita Persatuan, serta Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari, yang dengan tulus dan ikhlas meluangkan waktu dan berpartisipasi pada kegiatan amal ini. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang kepada mereka yang membutuhkan.

"Barang preloved ini adalah barang berkualitas, memiliki sejarah tersendiri, dan hasilnya akan langsung disumbangkan untuk para pengrajin yang membutuhkan. Kegiatan ini adalah kegiatan amal, dan saya berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan dan kita terus memperhatikan keterampilan para pengrajin kita," kata Sofha Marwah.

Apresiasi juga disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, saat membuka Dekranasda Preloved for Charity ini. Ia mengatakan, kegiatan ini sekaligus dukungan terhadap program yang dicanangkan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Sulsel Ramadan Berbagi Bahagia.

"Event ini sangat luar biasa, apalagi melibatkan semua Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota, dan dilaksanakan untuk pengrajin dan UKM yang membutuhkan," kata Arsjad.

Di akhir acara, Pj Ketua Dekranasda Sofha Marwah Bahtiar menyerahkan bantuan kepada UMKM Rana, yang dikelola pengrajin disabilitas. UKM ini memproduksi kerajinan dari anyaman. Bantuan juga diberikan kepada UKM Bunga Mawar, salah satu pengrajin kerang dari Kota Parepare, yang baru-baru ini ditimpa musibah kebakaran. (*)

#Dekranasda Sulsel #Sofha Marwah Bahtiar #Preloved for Charity #Fashion show