Wiwi
Wiwi

Selasa, 31 Januari 2023 05:54

4 Jenis Buah yang Mampu Meningkatkan Imunitas di Musim Hujan, Salah Satunya Apel

4 Jenis Buah yang Mampu Meningkatkan Imunitas di Musim Hujan, Salah Satunya Apel

Kita harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit sekalipun di musim hujan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan sehat yang dapat memperkuat imunitas kita.

BUKAMATA – Saat musim hujan tiba, biasanya tubuh akan menjadi rentan terkena penyakit. Tentu, hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit sekalipun di musim hujan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan sehat yang dapat memperkuat imunitas kita.

Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut 4 jenis buah yang bisa membantu memperkuat imunitas di musim hujan.

1. Jambu biji

Di dalam 100 gram vitamin C, terdapat sebesar 228 mg yang di mana kandungan tersebut dapat memenuhi asupan vitamin C di dalam tubuh sehari-harinya. Vitamin C ini baik menjaga imunitas kita, terutama di musim hujan.

Selain itu, kandungan serat di dalam buah jambu biji juga cukup tinggi, yakni sekitar 5,4 gram. Penelitian terbitan Allergy (2022) menyatakan bahwasanya serat dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di dalam tubuh, yang kemudian dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jeruk

Sama seperti halnya jambu biji, jeruk juga merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C. Satu buah jeruk dengan ukuran besar dapat memenuhi sekitar 35-42% kebutuhan vitamin C sehari-hari.

Studi terbitan Nutriens (2017) menunjukkan bahwa vitamin C ini dapat membantu merangsang sel darah putih yang berperan di dalam menyerang bakteri pada bagian tubuh yang terkena infeksi. Di saat yang bersamaan, vitamin ini juga dapat melindungi jaringan tubuh yang rusak akibat infeksi.

3. Apel

Di dalam sebuah apel terkandung banyak vitamin yang baik untuk menjaga imunitas, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin A dapat membantu melawan adanya infeksi seperti infeksi virus, parasit, atau bakteri.

Sedangkan vitamin E mampu memperkuat lapisan sel-sel imun sehingga dipercaya dapat melindungi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin E juga bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit.

4. Kiwi

Satu buah kiwi mengandung sekitar 56 gram vitamin C. Selain itu, kiwi juga mengandung senyawa-senyawa karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Tidak hanya itu, kiwi juga kaya akan folat dan vitamin B9 yang bisa membantu proses pembentukan sel darah putih untuk melawan infeksi. Maka dari itu, buah kiwi sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan.

Demikian buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat musim hujan. Perlu diperhatikan bahwa penting untuk menjaga imunitas saat musin hujan tiba guna mengurangi risiko terkena penyakit. 

#jus buah #Imun #Musim Hujan