Hikmah
Hikmah

Kamis, 22 Desember 2022 09:22

Kabar Gembira! Jokowi Sebut Pemerintah  Bisa Setop Kebijakan PPKM dan PSBB  Akhir Tahun

Kabar Gembira! Jokowi Sebut Pemerintah Bisa Setop Kebijakan PPKM dan PSBB Akhir Tahun

Presiden Jokowi mengatakan, kebijakan PPKM dan PSBB kemungkinan berakhir di penghujung 2022.

BUKAMATA - Presiden Joko Widodo menyampaikan optimismenya terhadap Kasus COVID-19 di Indonesia yang disebut terus melandai.

Bahkan Jokowi menyampaikan rencananya untuk mengakhiri kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam kegiatan Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di di Hotel Ritz Carlton Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2022), Presiden Jokowi mengatakan, kebijakan PPKM dan PSBB kemungkinan berakhir di penghujung 2022. 

"Dan kemarin kasus harian 1.200 dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB dan PPKM," katanya. 

Kendati sudah ada harapan untuk menghentikan kebijakan pemberlakuan PPKM dan PSBB, Presidden Jokowi masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Kementerian Kesehatan. Ditargetkan kajian dan kalkulasi harian sampai di mejanya minggu ini, sehingga ia bisa segera mengambil keputusan.

"Dan saya berikan target, minggu ini kajian dan kalkulasi harusnya sampai k meja saya sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. Kita harapkan segera," ungkapnya dikutip dari detik.com.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan sudah selama satu tahun terakhir Indonesia mengalami tren penurunan penularan COVID-19. Hal itu, kata dia, menandakan Indonesia sudah berada di kriteria level 1 selama 12 bulan seperti yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Artinya secara negara, sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi, dan ini sudah level 1," kata dia.

Tren kasus konfirmasi COVID-19 secara harian, kata Airlangga, juga sudah menurun drastis menjadi di bawah 2.000 kasus COVID-19 per hari. Namun untuk penghentian PPKM, kata dia, Kementerian Kesehatan akan melakukan persiapan terlebih dahulu.

 

 

#dampak covid 19 #PPKM #PSBB

Berita Populer