Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Sabtu, 26 November 2022 08:02

Wenny Novita
Wenny Novita

ASN Diskominfo Luwu Utara Ini Ciptakan Layanan Data Statistik Sektoral BISA WA

Layanan BISA WA ini bertujuan meningkatkan layanan informasi data statistik sektoral melalui media dalam jaringan (daring) atau media online pada Diskominfo-SP Luwu Utara.

LUWU UTARA, BUKAMATA - Data statistik sektoral memiliki peranan yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan. Data ini dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan yang akan terjadi ke depan. Dengan data ini pula, pemerintah akan lebih mudah mengambil suatu kebijakan.

Nah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) berhasil menciptakan layanan data statistik sektoral "BISA WA" atau Bangunan Informasi Statistik Sektoral dan Aplikasi Publik.

Layanan BISA WA ini bertujuan meningkatkan layanan informasi data statistik sektoral melalui media dalam jaringan (daring) atau media online pada Diskominfo-SP Luwu Utara. Adalah Wenny Novita, S.Si., ASN Diskominfo yang berhasil merancang sebuah layanan BISA WA.

Wenny Novita mengatakan, layanan BISA WA dapat menghimpun data statistik sektoral dalam satu genggaman, sehingga memudahkan pengguna mendapatkan data statistik sektoral secara realtime via WhatsApp, sehingga informasi pelayanan dapat tersampaikan ke publik.

"Layanan BISA WA ini adalah sebuah layanan data statistik sektoral dan aplikasi publik via chatbot WhatsApp DISKOMINFO-SP Luwu Utara," kata Wenny Novita, saat ditemui di Kantor Diskominfo-SP, kemarin, Jumat, 25 November 2022.

Peserta Latsar CPNS ini mengatakan bahwa layanan BISA WA adalah sebuah layanan yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan kuantitas pengelola data statistik daerah sebagai upaya mewujudkan satu data dan peningkatan pengelolaan data statistik sektoral.

Wenni Novita menyebutkan bahwa layanan BISA WA ini akan meng-cover data informasi di enam Perangkat Daerah (PD). Yaitu data strategis sosial ekonomi, data Diskominfo-SP, data Disdukcapil, data DPMPTSP, data RSUD Andi Djemma, dan data Puskesmas Masamba.

"Bagi pengguna yang ingin memanfaatkan layanan ini, bisa mengontak nomor BISA WA yang telah kami siapkan, yaitu di nomor 0823 1151 9367. Contoh: jika ingin tahu data Diskominfo, maka ketik 2, sehingga muncul layanan publik dari Diskominfo SP, yaitu e-PPID," jelasnya.

Sekadar diketahui, layanan ini juga menyediakan informasi mengenai akses layanan publik di beberapa unit pelayanan publik. Seperti Disdukcapil dengan layanan Pildacil, DPMPTSP dengan oss.go.id, RSUD Andi Djemma dengan Sisdarlin serta Diskominfo SP dengan e-PPID. (*)

#Diskominfo luwu utara #Pemkab Luwu Utara #Wenny Novita