Hikmah
Hikmah

Minggu, 28 Agustus 2022 11:56

Sikap Santai dan Tenang Ferdy Sambo Saat Sidang Kode Etik Jadi Sorotan, Pakar  Mikro Ekspresi

Sikap Santai dan Tenang Ferdy Sambo Saat Sidang Kode Etik Jadi Sorotan, Pakar Mikro Ekspresi

"Kita harus ada pembandingnya. Pembandingnya salah satunya ketika dia di awal-awal pemeriksaan dia tegang, ngomong lugas. Sementara yang ini posisi badannya lebih nyender, ketika bicara otot-otot wajahnya juga santai," papar Kirdi Putra

BUKAMATA - Ferdy Sambo baru saja melalui Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di Gedung Transnational Crime Centre (TNCC), Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022), dimana dirinya dicopot dari institusi kepolisian secara tidak hormat. Pada sidang tersebut sikap tenang dan santai Ferdy Sambo disebut menyimpan tanda tanya. 

Pakar Mikro Ekspresi, Kirdi Putra, menyoroti sikap dan ekspresi Ferdy Sambo yang sangat santai dan tenang saat menjalani sidang. Ekspresi dan sikap Irjen Ferdy Sambo ini menimbulkan pertanyaan besar bagi Kirdi Putra.  

"Apa yang membuat dia bisa sesantai itu? Padahal ini yang menyidang atasannya yang lebih tinggi posisinya," ujar Kirdi Putra saat dihubungi suara.com beberapa waktu lalu.

Menurut Kirdi Putra, bahasa tubuh tidaklah bisa berdiri sendiri, tapi ada berbagai data ekspresi dan bahasa tubuh yang mendukungnya.

Sikap santai tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dalam sidang Komisi Kode Etik Polri ini dianalisis Kirdi Putra dengan melihat perbandingan di sidang-sidang awal pemeriksaan lelaki kelahiran Barru itu yang sangat terlihat tegang.

"Kita harus ada pembandingnya. Pembandingnya salah satunya ketika dia di awal-awal pemeriksaan dia tegang, ngomong lugas. Sementara yang ini posisi badannya lebih nyender, ketika bicara otot-otot wajahnya juga santai," papar Kirdi Putra.

Lelaki yang juga master trainer di Psikofisiologi ini merasa sikap aneh Ferdy Sambo cukup menarik, karena dalam sidang Komisi Kode Etik Polri, jabatannya sebagai Jenderal Polisi Bintang 2 sebagai Irjen, masih lebih rendah dengan pemimpin sidang sebagai Jenderal Polisi Bintang 3 atau Komjen Pol.

"Apa yang membuat dia bisa sesantai itu. Ini atasannya lebih tinggi posisinya. Tapi banyak orang juga tahu pangkat bintang hanya satu hal, ada lagi yang mempengaruhi, yaitu pengaruh di kepolisian, itu sudah rahasia umum. Jadi pertanyaanya, apa yang membuat dia sesantai itu?" tutup Kirdi.

Untuk diketahui yang bertindak sebagai majelis sidang KKEP yaitu, Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri selaku ketua, Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono, Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri Irjen Rudolf Alberth Rodja, serta Gubernur PTIK Irjen Yazid Fanani sebagai anggota.

#Irjen Ferdy Sambo