Hikmah
Hikmah

Sabtu, 04 Juni 2022 10:48

Demi Proses Pengadaan Transparan Danny Ciptakan Aplikasi Sipakabaji

Demi Proses Pengadaan Transparan Danny Ciptakan Aplikasi Sipakabaji

Danny menjelaskan bahwa semua proses itu menyatu dalam Sipakabaji yang diluncurkan oleh Pemkot Makassar sebagai jawaban atas upaya pembenahan proses belanja daerah yang lebih efektif, akurat, transparan, dan akuntabel.

BUKAMATA - Aplikasi Sistem Pengadaan Barang dan Jasa atau yang disingkat Sipakabaji diperkenalkan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto saat menjadi narasumber dalam kegiatan Indonesia Sustainable Procurement Expo 2022 di Bali, Jumat (3/6/2022).

Danny Pomanto menyebut, pengadaan barang dan jasa hanyalah bagian proses dari belanja daerah. Perlu integrasi yang komprehensif, mulai dari perencanaan, ketersediaan anggaran, ketersediaan komponen dalam negeri, proses pengadaan, lelang hingga kontrak kerja sama.

" Memang banyak hal yang kita benahi dari procurement atau pengadaan, tapi itu hanya bagian dari sebuah proses tengah dari belanja, kemudian belanja itu dari pendapatan terutama pendapat asli daerah dan kemudian di ujungnya itu adalah outcome. Apa hasil daripada pengadaan itu, tentunya bermanfaat bagi masyarakat," kata Danny Pomanto.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa semua proses itu menyatu dalam Sipakabaji yang diluncurkan oleh Pemkot Makassar sebagai jawaban atas upaya pembenahan proses belanja daerah yang lebih efektif, akurat, transparan, dan akuntabel.

"Makanya membuat sebuah program namanya sebuah aplikasi yaitu mengkolaborasikan semua ke dalam Sipakabaji, Sistem Pengadaan Barang dan Jasa Terintegrasi," ujar Danny Pomanto.

" Sistem-sistem yang sudah ada bergabung sehingga transparansi dan aksesibilitas masyarakat itu lebih mudah sehingga lebih mudah mengontrol proses jalannya," sambungnya.

Inovasi Pemkot Makassar ini terkoneksi ke sejumlah sistem yang berkaitan dengan belanja daerah seperti Sistem Informasi Keuangan Daerah, SIPD, SIRUP, Inaproc, Balai Sertifikat Indonesia. 

Selain Danny Pomanto, hadir pula sejumlah tokoh yang bertindak sebagai narasumber. Di antaranya Wali Kota Bogor/Ketua Apeksi Bima Arya, Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

#Pemkot Makassaar #Danny Pomanto