Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Senin, 06 Desember 2021 10:49

Warga bersama pemerintah setempat bergotong royong membangun jembatan darurat di Kecamatan Rampi, Senin, 6 Desember 2021.
Warga bersama pemerintah setempat bergotong royong membangun jembatan darurat di Kecamatan Rampi, Senin, 6 Desember 2021.

Diterjang Air Luapan Sungai, Dua Jembatan di Rampi Rusak Berat

Dua jembatan yang mengalami kerusakan adalah jembatan gantung yang menjadi penghubung antar Desa Onondowa dan Desa Dololo. Jembatan rusak akibat luapan sungai yang membawa material kayu dan tersangkut di jembatan, sehingga mengakibatkan jembatan gantung miring dan tidak stabil.

LUWU UTARA, BUKAMATA — Dua jembatan gantung penghubung antardesa di Kecamatan Rampi rusak parah, setelah diterjang air luapan sungai. Jembatan tersebut masing-masing di Desa Onondowa, dan Desa Sulaku.

Camat Rampi, Suryadi mengungkapkan, dua jembatan yang mengalami kerusakan adalah jembatan gantung yang menjadi penghubung antar Desa Onondowa dan Desa Dololo. Jembatan rusak akibat luapan sungai yang membawa material kayu dan tersangkut di jembatan, sehingga mengakibatkan jembatan gantung miring dan tidak stabil.

Pemerintah kecamatan dan desa, lanjut Suryadi, telah melakukan perbaikan dengan menggunakan katrol agar jembatan kembali stabil. "Sebelumnya juga sudah dilakukan perbaikan, namun ada beberapa material jembatan yang harus diganti. Jadi, kami harus usahakan mengganti material tersebut," kata Suryadi, Senin, 6 Desember 2021.

Sementara itu, jembatan di Desa Sulaku, juga mengalami rusak parah akibat luapan air sungai. Namun pada tahun 2021 melalui dana desa, telah dibangun jembatan di sungai yang sama sehingga dapat menjadi jalan alternatif.

"Untuk saat ini jembatan Sulaku sudah dibuat jembatan darurat dengan gotong-royong warga dan pemerintah, diperuntukkan bagi pejalan kaki khususnya anak sekolah," jelas Suryadi.

Kendati kedua jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antardesa, Suryadi berharap pemerintah kecamatan, desa, hingga masyarakat dapat terus bersinergi untuk lancarnya pembangunan ke depan.

"Kita doakan agar jembatan gantung dapat selesai dan digunakan kembali. Saya imbau juga kepada masyarakat agar sabar dan berhati-hati, mengingat akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrem," pesan mantan Kabag Humas Pemkab Lutra ini. (*)

Penulis : Jusman
#Pemkab Lutra #Pemprov Sulsel #Bupati Indah Putri Indriani #Andi Sudirman Sulaiman #Jembatan rusak