Muh. Taufik
Muh. Taufik

Jumat, 26 November 2021 18:54

Anggota DPR-RI, Andi Rio Idris Padjalangi
Anggota DPR-RI, Andi Rio Idris Padjalangi

Geram, Andi Rio Minta Penegak Hukum Usut Dugaan Permintaan Fee Dana PEN di Bone

Adanya dugaan permintaan fee ini, menurut Andi Rio, merusak tatanan program strategis yang telah dibuat oleh pemerintah pusat.

MAKASSAR, BUKAMATA - Dugaan adanya oknum pejabat daerah di Kabupaten Bone yang meminta biaya pengurusan atau fee untuk dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) turut ditanggapi Anggota DPR-RI, Andi Rio Idris Padjalangi. Dikonfirmasi, Jumat (26/11/2021), Andi Rio mengaku sudah mendapat laporan terkait hal tersebut.

"Saya dapat laporan tentang itu, ada oknum yang minta fee dan menjanjikan pekerjaan dari dana PEN," ungkapnya.

Hanya saja, lanjut Andi Rio, hal tersebut sangat ganjil. Pasalnya, Kabupaten Bone tidak masuk dalam prioritas pemerintah pusat untuk mendapatkan kucuran dana PEN. "Bone tidak mendapat persetujuan pengucuran dana PEN dari pusat," terangnya.

Adanya dugaan permintaan fee ini, menurut Andi Rio, merusak tatanan program strategis yang telah dibuat oleh pemerintah pusat. Menurutnya, kalaupun ada dana kucuran dari pusat, harusnya itu dijadikan sebagai pendorong pemulihan ekonomi. "Bukan malah dimanfaatkan oknum tertentu yang justru bisa memiskinkan pelaku ekonomi di daerah," jelasnya.

Untuk itu, Andi Rio meminta, aparat penegak hukum untuk mengusut dugaan permintaan fee ini. Sehingga, tidak ada oknum-oknum tertentu yang justru memanfaatkan upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan dan Kepolisian harus mengusut tuntas adanya oknum pejabat daerah yang diduga meminta fee tersebut," tegasnya.

Terlebih, lanjut Wakil Ketua MKD DPR-RI ini, Presiden Jokowi sudah menekankan agar tidak ada pihak-pihak memanfaatkan program untuk meminta fee atau memeras pelaku usaha. "Ini harus diusut tuntas, aparat penegak hukum harus menegakan hukum dengan mendukung program strategis bapak Presiden Jokowi," pungkasnya.

#andi rio idris padjalangi #KPK #Bone