Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 29 Oktober 2021 19:14

FOTO/IST.
FOTO/IST.

Dosen Fakultas Sastra UMI Gelar PKM di Desa Pakatto

Muli Umiaty Noer menuturkan bahwa pengabdian tersebut dilakukan karena wilayah Desa Pakatto memiliki alam yang subur dan masih alami

GOWA, BUKAMATA - Dosen Fakultas Sastra UMI menggelar  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Desa Pakatto, kecamatan Bontmarannu, Kabupaten Gowa.

Sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan tersebut diketuai oleh Dr. Muli Umiaty Noer, dengan beranggotakan Dra. Andi Hudriati, yang melibatkan dua orang mahasiswa yang dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 202100.

Kegiatan ini mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Dalam Rangka Meningkatkan Daya Jual Agrowisata Di Desa Pakatto.

Ketua Tim Pengabdi, Dr. Muli Umiaty Noer menuturkan bahwa pengabdian tersebut dilakukan karena wilayah Desa Pakatto memiliki alam yang subur dan masih alami, dengan kondisi seperti ini maka Desa Pakatto memiliki potensi pariwisata yang masih bisa dikembangkan.

"Hal ini dibuktikan dengan kegiatan yang dilakoni oleh masyarakatnya masih dominan di bidang pertanian, maka salah satu kesiapan yang harus dilakukan melalui pelatihan bahasa Inggris bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris bagi mitra," kata Muli Umiaty Noer. 

Menurutnya, kegiatan ini dapat menggali potensi masyarakat maupun sumber daya alam lingkungannya yang belum termanfaatkan dengan baik, dan dapat merubah mindset mitra untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris karena telah mendapatkan materi secara komprehensif dan intensif.

"Sehingga nantinya akan terwujud sarana promosi agrowisata melalui kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh mitra," beber Direktur ABA UMI itu.

Sementara itu, menurut Basir, SE selaku Kepala Desa Pakatto memberi respon positif dan berterima kasih berkenaan dengan kegiatan ini.

"Tentu kami berharap agar pelatihan seperti ini dapat dilakukan berkesinambungan karena telah memberikan kontribusi yang besar dalam memberdayakan masyarakat desa," ungkap Basir.

#UMI Makassar

Berita Populer