Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Senin, 13 September 2021 18:09

Kaum Perempuan di Luwu Timur Didorong Mandiri

Kaum Perempuan di Luwu Timur Didorong Mandiri

Sufriaty menyampaikan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau pkk adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak PKK, dan mempunyai peranan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga.

LUWU TIMUR, BUKAMATA - Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Sufriyati Budiman membuka pelaksanaan kegiatan pembinaan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK bagi kader-kader PKK se-kabupaten Luwu Timur yang dilaksanakan di Aula rumah jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (13/09/2021).

Dalam sambutannya, Sufriaty menyampaikan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau pkk adalah gerakan yang diprakarsai oleh ibu-ibu yang tergabung dalam tim penggerak PKK, dan mempunyai peranan penting dalam memberdayakan ekonomi keluarga.

"Meskipun kegiatan ini bukan hal yang baru namun hal ini penting dilakukan kembali karena kami berharap ditengah pandemi ini dapat mendorong pelaku - pelaku usaha agar lebih kooperatif, dapat meningkatkan kwalitas usahanya sehingga bisa lebih maju dan berkembang," jelasnya.

Salah satu tujuan dari UP2K ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dalam rangka mensejahterakan keluarga. Kaum perempuan jangan hanya mengandalkan pendapatan suami tapi kita dapat menciptkan usaha yang dapat menopang ekonomi rumah tangga.

Apalagi kalau sudah dibekali dengan pelatihan kompentensi melalui kegiatan seperti ini, mungkin ada kiat-kiat nantinya yang disampaikan oleh pemateri yang dapat menambah wawasan kita agar bisa lebih optimal meningkatkan produktifitas termasuk bagaimana cara pemasarannya," kata Ketua TP PKK Luwu Timur.

"Kalau semua rumah tangga sejahtera maka secara otomatis daerah luwu timur ini menjadi daerah yang sejahtera karena semua kita memiliki potensi untuk bisa lebih baik lebih sejahtera kedepan jika kita dapat mengembangkan potensi yang kita miliki," pintanya.

"Hari ini salah satu upaya pemerintah melalui program kerja PKK memberikan pelatihan, memberi motifasi untuk mendapatkan ilmu dalam rangka upaya peningkatan pendapatan yang secara otomatis dapat mensejahterakan keluarga" tutur Sufriyati Budiman.

Selain itu, Sufriyati Budiman meminta kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini secara bersungguh sungguh, menyimak dengan baik lalu menerapkan. Apa yang belum dimengerti dapat dipertanyakan.

"Kami juga berharap ada progres setelah dilakukan kegiatan pembinaan ini dibanding sebelumnya, sehingga bisa menjadi agen-agen perubahan bagi keluarga yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti pembinaan seperti ini," tutupnya.

Kegiatan pembinaan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (up2k) dihadiri Ny. Zulfitriani Dwiyanti Mustafa, SP.MP sekretari TP PKK propinsi Sul Sel, Ny. Tri April Yanti Jayatmika, ketua pokja 2 TP PKK Propinsi yang juga ketua DWP dinas pendidikan Propinsi sul sel, Haeril Alfajri (Direktur Utama MIND a/ Macca Indonesia), sebagai pemateri.

Penulis : Jusman
#Pemkab Lutim

Berita Populer