Redaksi
Redaksi

Senin, 21 Juni 2021 13:01

Ilustrasi
Ilustrasi

Dinkes Makassar Kirim Spesimen Varian Baru Covid ke Kemenkes, Diduga Tersebar dari Pekerja Proyek

Varian baru Covid di Makassar, Sulsel, diduga tersebar dari pekerja proyek apartemen di Jl Jenderal Sudirman, Makassar. Namun untuk memastikan, Dinkes Makassar mengirim spesimennya ke Lab Kemenkes di Jakarta.

MAKASSAR, BUKAMATA - Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Makassar sedang mengidentifikasi adanya varian baru virus corona atau Corona Virus Disease (Covid) di Makassar. Diduga disebar pekerja proyek apartemen di Jl Sudirman, yang berasal dari luar Sulsel.

Namun kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Hj Khadijah Iriani, pihaknya masih menunggu kepastiannya. Saat ini kata dia, Dinkes Makassar sedang mengirim spesimen pasien positif Covid ke Litbangkes Jakarta. Pasalnya kata dr Khadijah, fasilitas laboratorium di Makassar belum lengkap untuk bisa mendeteksi varian baru tersebut.

"Spesimennya dikirim ke Jakarta, kami di sini kesulitan mengidentifikasi jenisnya," ujar dr Khadijah, Senin, 21 Juni 2021.

Dokter yang juga menjabat Kepala Bappeda Kota Makassar ini menambahkan, saat ini pihaknya sedang berusaha melengkapi fasilitas laboratorium di RSUD Daya, Makassar. Mengingat, varian baru tersebut saat ini sedang ganas-ganasnya.

"Semoga secepatnya selesai (laboratorium RSUD Daya) dan kita yang pertama di Sulsel, agar bisa memeriksa spesimen-spesimen baru itu," ungkapnya.

Tim Satgas Covid-19 Makassar, sebelumnya mendapati 97 pasien positif dari klaster pekerja proyek pembangunan sebuah apartemen di bilangan Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Sulsel.

Tim Satgas Covid-19 Makassar, Andi Patiware mengatakan, dari 97 pasien itu, sebanyak 29 orang di antaranya sudah dinyatakan negatif. Sedang yang 68 orang masih positif.

Satgas Covid-19 Makassar tak henti-hentinya meminta warga tetap disiplin menerapkan protokol  kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan serta memakai masker. 

#Covid-19 di Makassar #Varian baru Covid