Aswad Syam
Aswad Syam

Kamis, 10 Juni 2021 12:10

Eva saat ditemukan.
Eva saat ditemukan.

Kronologi Pendaki Wanita Hilang di Gunung Abbo Maros hingga Ditemukan di Dasar Jurang

Seorang pendaki wanita yang hilang, akhirnya ditemukan. Itu pada hari ketiga pencarian. Begini kronologinya.

MAROS, BUKAMATA - Minggu, 6 Juni 2021. Eva bersama 10 orang rekannya melakukan pendakian ke Gunung Abbo, Leang-leang, Maros. Mereka mendirikan tenda di dekat sungai. Letaknya di gunung itu.

Usai mendirikan tenda, Eva pamit ke rekannya untuk pergi buang air kecil. Jaraknya 10 meter dari tenda. Letaknya di balik batu di sungai.

Lama, Eva tak kunjung kembali. Temannya lantas menyusul Eva. Sampai di batu itu, Eva sudah tidak ada. Yang ada cuma sandal jepit.

Dantim Basarnas Makassar Dadang Tarkas mengatakan, karena tak membuahkan hasil, teman-teman Eva melapor ke tim SAR pada Senin, 7 Juni 2021.

Tim SAR gabungan lalu bergerak ke Gunung Abbo untuk mencari Eva. Ada sekitar 150 personel. Mereka melakukan pemetaan di dekat sungai titik Eva terakhir kali hilang. Dari sungai itu, ada sebuah jalan setapak yang bermuara ke dua desa terdekat, yakni Desa Panaikang dan Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Maros. Ada kemungkinan korban menyusuri jalur setapak tersebut.

Tim SAR lantas meminta warga menginfokan apabila menemukan korban dengan ciri-ciri pakai kerudung kuning.

Hari kedua pencarian, Selasa, 8 Juni 2021, tim SAR tak kunjung menemukan Eva. Selain menyusuri beberapa wilayah di Gunung Abbo, tim SAR juga bersiaga di sekitar sungai yang dangkal tempat Eva buang air kecil. Tim SAR tetap menyusuri sungai.

Lalu pada Rabu, 9 Juni 2021. Pagi, keluarga Eva membuat ritual khusus.
Ritual keluarga itu didasari oleh kepercayaan masyarakat setempat, bahwa sungai dangkal di mana korban hilang adalah tempat mistis. Keluarga sempat melakukan ritual dari kaki gunung hingga ke titik korban pertama kali hilang.

Beberapa jam usai ritual, petugas SAR gabungan menemukan jaket korban sejauh 2 kilometer dari tempat korban hilang. Pada pukul 10.00 Wita, jaket Eva ditemukan. Penemuan itu dilaporkan ke posko. Itu jadi petunjuk penting bagi tim SAR menemukan Eva.

Dadang bilang, titik penemuan jaket dikunci. Kurang lebih 150 gabungan dikerahkan ke wilayah itu. Tim SAR lalu berteriak memanggil nama Eva. Lalu ada balasan. Suara yang lemah. Lokasinya sekitar 5 meter dari posisi jaket. Tempatnya di balik batu di sebuah jurang yang sangat curam, banyak batu besar dan batu cadas.

Tim SAR lalu ke sumber suara. Ternyata benar Eva. Dia ditemukan dalam kondisi selamat. Cuma ada beberapa luka di bagian kepala, memar di lengan, terus di siku, di lutut, juga di jempol kakinya.

Saat ini, Eva sudah dievakuasi ke Puskesmas Bantimurung, Maros, guna mendapatkan pertolongan.

#Pendaki hilang