Wiwi
Wiwi

Senin, 30 Januari 2023 08:07

Tim Sar.
Tim Sar.

Demi Konten, 6 Pendaki Ngaku Tersesat Padahal Lagi Asik Camping dan Masak-Masak

Rombongan mengaku tidak menemukan jalan dan memilih ngecamp. Sehingga tim SAR yang berjumlah lebih 10 orang bergerak cepat sekitar pukul 10.00 WIB.

BUKAMATA – Enam pendaki Gunung Lamongan Lumajang dikabarkan tersesat. Rupanya, hanya akal-akalan untuk bikin konten.

Rombongan tipu-tipu itu merupakan mahasiswa berjumlah enam orang itu terdiri dari empat laki-laki dan dua perempuan. Mereka dilaporkan tersesat di Gunung Lamongan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Keenam pendaki itu naik Gunung Lamongan pada Kamis (26/1). Mereka mendaki melalui Pos Mbah Citro mulai pukul 17.00 WIB.

Namun, pada pukul 01.00 WIB, Jumat (27/1) salah satu pendaki dalam rombongan itu mengabarkan melalui Whatsapp mereka tersesat dan tidak menemukan jalan pulang.

Atas laporan tersebut, salah satu rekan mereka yang tidak ikut mendaki mendatangi kantor BPBD Lumajang pagi harinya sekitar pukul 09.00 WIB.

"Ada informasi pendaki kontak temannya, kalau tidak bisa pulang. Mereka mengaku tersesat," kata Kustari, perwakilan Pusat Pengendali BPBD Lumajang, dilansir dari detikJatim pada Senin (30/1/23).

Dalam pengakuan ke temannya, tambah Kustari, rombongan tidak menemukan jalan dan memilih ngecamp. Mendapat laporan tersebut, tim SAR yang berjumlah lebih 10 orang bergerak cepat sekitar pukul 10.00 WIB.

Tim mencari di dua titik, yakni Watu Gede dan arah Watu Guci. Dua lokasi itu berjarak sekitar empat kilometer.

"Akhirnya dalam kondisi hujan deras, kita melakukan pencarian rombongan pendaki mahasiswa tersebut. Dalam prosesnya, rombongan itu ditemukan di salah satu lembah. Kita imbau mereka untuk tidak ke mana-mana hingga dievakuasi, karena kondisi hujan saat itu," kata dia.

Dievakuasi, kemudian Dijemput Orang Tua

Sementara petugas Pusdalops BPBD Lumajang, Dwi Nurcahyo, menyebut para pendaki itu dievakuasi Polisi Kehutanan (Polhut) Perhutani. BPBD Lumajang telah menyerahkan soal kasus mahasiswa tersesat tersebut ke Polhut.

Setelah dievakuasi, enam pendaki tersebut juga dijemput orang tua masing-masing. Setelah ditelusuri, rupanya para pendaki itu tidak meminta izin orang tua mereka saat pendakian ke Gunung Lamongan.

"Mereka ada yang pamit study tour ke Surabaya," kata Dwi.

#Tim SAR #Pendaki hilang

Berita Populer