Muh. Taufik
Muh. Taufik

Senin, 22 Februari 2021 19:03

BRSAMPK Toddopuli Serahkan Bantuan ATENSI Untuk Korban Bencana di Luwu

BRSAMPK Toddopuli Serahkan Bantuan ATENSI Untuk Korban Bencana di Luwu

Secara keseluruhan, nilai total bantuan yang diserahkan BRSAMPK Toddopuli bagi masyarakat di Kecamatan Lamadi Timur senilai Rp 41.400.000.

LUWU, BUKAMATA - Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar bergerak cepat dalam membantu korban bencana angin puting beliung di Kabupaten Luwu. Kepala BRSAMPK Toddopuli, Christiana Junus menjelaskan, bantuan yang dibawa pihaknya difokuskan kepada anak-anak yang menjadi korban bencana.

Christina menjelaskan, bantuan dari Kementerian Sosial ini merupakan bagian dari bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Yang mana, bantuan diberikan dalam bentuk kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari bagi anak.

"Sekira 138 anak mendapatkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari mereka. Seperti beras, susu, popok, perlengkapan mandi dan sebagainya yang dibutuhkan oleh anak," jelas Christina.

Secara keseluruhan, lanjut Christina, nilai total bantuan yang diserahkan BRSAMPK Toddopuli bagi masyarakat di Kecamatan Lamadi Timur senilai Rp 41.400.000.

Selain menyerahkan bantuan berupa barang, menurut Christina, BRSAMPK Toddopuli juga melaksanakan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak-anak di lokasi bencana. "Intervensi yang dilakukan dalam jumlah terbatas kiranya dapat membantu meringankan beban dan permasalahan yang dihadapi oleh anak terdampak bencana," katanya.

Kabid Rehsos Dinas Sosial Kabupaten Luwu, Hairani menyampaikan apresiasinya atas bantuan yang diberikan oleh BRSAMPK Toddopuli. Dengan adanya bantuan ini, kata Hairani, dapat memenuhi kebutuhan anak-anak yang terdampak bencana. "Kemudian dengan adanya LDP anak-anak merasa terhibur, bergembira dan melupakan sejenak trauma mereka terhadap bencana yang terjadi," ungkapnya.

Sementara, Josua Sonda Toding, salah seorang anak yang mengikuti kegiatan LDP di lokasi mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. "Kami sangat terhibur dengan kehadiran bapak ibu. Kami bisa bernyanyi, tertawa dan berlomba bersama dengan anak-anak lainnya," ungkapnya.

Diketahui, bencana Angin Puting Beliung melanda tiga di Kecamatan Lamadi Timur Kabupaten Luwu, yaitu Desa Salu Pao, Desa Bulu Londing dan Desa Tum Lemo. Akibat bencana yang terjadi pada 15 Februari 2021 ini, menyebabkan 60 rumah warga rusak, 1 (satu) orang korban meninggal dan 250 warga tinggal di tenda pengungsian.

#BRSAMPK Toddopuli