Redaksi
Redaksi

Selasa, 09 Februari 2021 21:06

KNPI Sulsel Tunjuk Plt Ketua di Tiga Daerah, Termasuk Makassar

KNPI Sulsel Tunjuk Plt Ketua di Tiga Daerah, Termasuk Makassar

Pengambilalihan kepengurusan tersebut dilakukan setelah KNPI Sulsel melakukan rapat pleno pada Jumat 5 Februari lalu

MAKASSAR, BUKAMATA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan akhirnya mengambil alih kepengurusan DPD II KNPI Kota Makassar dengan membentuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KNPI Kota Makassar.

Pengambilalihan kepengurusan tersebut dilakukan setelah KNPI Sulsel melakukan rapat pleno pada Jumat 5 Februari lalu.

"Terkait hasil pleno KNPI Sulsel yang diselenggarakan Jumat kemarin, bahwa KNPI Sulsel telah memutuskan untuk melakukan pelaksana tugas (Plt) di 3 daerah, yakni Luwu, Pinrang dan Makassar," kata Ketua DPD I KNPI Sulsel Nurkanita Maruddani, dalam konferensi persnya di Red Corner Cafe, Makassar, Selasa (9/2/2021).

Nurkanita mengungkapkan, keputusan penempatan Plt di 3 daerah ini dilakukan melalui pertimbangan sesuai dengan mekanisme organisasi KNPI. Hasil pleno tersebut juga diakui merupakan keputusan yang bersifat final dan mengikat.

Tiga daerah yang dijabat oleh Plt, yakni Putri Utami Muis untuk DPD KNPI Makassar, Daming Sampesosang untuk DPD KNPI Kabupaten Pinrang, dan Andi Ahfad Muzakkar untuk Plt Ketua DPD KNPI Kabupaten Luwu.

Sementara itu, Sekertaris DPD I KNPI Sulsel Agus Rasyid Butu menegaskan, penunjukan Plt di tiga daerah ini karena periode kepengurusannya sudah berakhir.

Terkhusus Makassar, kata Agus, periodisasi kepengurusannya sudah berakhir sejak Agustus tahun lalu. Namun, karena kondisi saat itu DPD KNPI Makassar yang dipimpin Christoper Aviary meminta penundaan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) dengan alasan kondisi pandemi dan juga menjelang Pemilihan Walikota Makassar, maka DPD I menyetujui penundaan.

Agus menjelaskan penundaan disetujui dengan syarat kepengurusan Christoper harus mempersiapkan musda dalam waktu tiga bulan sejak bulan Agustus. Hanya saja, masa tiga bulan itu berakhir KNPI Makassar belum juga mengeluarkan jadwal musda, sehingga DPD I KNPI Sulsel pun harus mengambil langkah organisasi dengan mengambil alih kepengurusan KNPI Makassar dengan menunjuk Plt.

"Kami memutuskan mengambil alih kepengurusan DPD KNPI Makassar, karena sudah 6 bulan lebih masa akhir periodisasi, KNPI Makassar belum juga menjadwalkan pelaksanaan Musda,"tegasnya.

Dengan telah ditunjuknya Plt di tiga daerah ini, jelas Agus, pihaknya berharap tidak ada lagi riak-riak yang terjadi terkait dengan pelaksanaan musda di tiga daerah itu.

Plt Ketua KNPI Makassar Putri Utami Muis menegaskan dalam masa kepengurusan Plt selama tiga bulan, dirinya siap untuk menggelar musda dan melakukan konsolidasi dengan seluruh organisasi kepemudaan (OKP).

"Kami siap menjalankan dan akan bekerja maksimal," terangnya.

Pihak KNPI Sulsel juga menegaskan, hingga saat sudah ada sejumlah DPD II KNPI Kabupaten Kota di Sulsel yang dijabat oleh Plt, yakni KNPI Makassar, Pinrang, Luwu, Barru, Bulukumba, dan Kabupaten Sinjai.

#KNPI Sulsel