Ulfa
Ulfa

Selasa, 13 Oktober 2020 14:11

Ilustrasi.
Ilustrasi.

World No Bra Day: Ini 7 Manfaat Tak Pakai Bra

Hari tanpa bra sedunia ini awalnya ditetapkan pada 9 Juli.

BUKAMATA - Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai World No Bra Day atau Hari Tanpa Bra Sedunia. Hari tersebut dirayakan sebagai bentuk kewaspadaan kepada kanker payudara yang dialami para perempuan.

Hari tanpa bra sedunia ini awalnya ditetapkan pada 9 Juli. Namun tiga tahun kemudian, sejak 2014, hari tersebut dipindahkan ke tanggal 13 Oktober mengikuti bulan perayaan kanker payudara.

Diketahui, bra merupakan pakaian dalam wanita yang kerap dipakai oleh kaum hawa ketika akan melakukan aktivitas di luar rumah.

Meskipun menggunakan bra punya manfaat seperti membuat payudara terlihat kencang, tidak memakainya pun ternyata juga ada keuntungannya. Berikut ini 7 alasan tidak memakai bra seharian untuk kesehatan.

1. Dapat membantu membersihkan kulit

Membiarkan kotoran dan keringat menumpuk di bawah bra dapat berisiko terkena infeksi atau jerawat. Hal ini sangat berbahaya apalagi saat musim panas. Tali bra tetat yang basah kuyup juga bisa menyebabkan jerawat. Jangan biarkan bakteri tumbuh, lebih baik menghapus hal yang menyebabkannya.

2. Membentuk dada alami

Meskipun memakai bra untuk menompang payudara, mereka tidak memainkan peran yang bermanfaat dalam jangka panjang. Pada kenyataannya, bra membuat dada melorot. Menurut sebuah penelitian, payudara tidak boleh menolak gravitasi secara medis, psikologis, atau anatomi. Jadi melepas bra akan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

3. Baik untuk sirkulasi darah


Sirkulasi darah pada tubuh dipengaruhi oleh pilihan busana termasuk penggunaan bra. Sebuah studi dari Jepang menyebut pemakaian busana ketat termasuk bra bisa berpengaruh buruk pada sirkulasi darah.



Saat mengenakan bra, bra akan menekan pembuluh darah sekitar dada sehingga memperlambat sirkulasi. Jika dibiarkan terlalu lama maka bisa timbul masalah kardiovaskular.



4. Payudara tidak kendur


Studi selama 15 tahun oleh profesor asal Perancis Jean-Denis Rouillon membuktikan bahwa bra tak memberikan manfaat buat wanita. Bahkan bra bisa mengganggu kesehatan payudara.

Melansir dari Healthline, studi yang melibatkan 300 wanita ini menunjukkan justru partisipan yang tidak mengenakan bra mengalami pertumbuhan lebih banyak jaringan otot yang membuat payudara memiliki penyokong alami.



Dia menambahkan bra dengan bahan ketat malah mencegah jaringan tumbuh sehingga payudara menjadi kendur. Namun tentu saja ini dalam aktivitas biasa, bukan olahraga, apalagi olahraga ekstrem.

5. Tidur lebih nyenyak



Banyak rumor menyebut kebiasaan mengenakan bra saat tidur bisa menyebabkan kanker payudara. Hingga kini belum ada penelitian yang mengamini hal ini. Namun mengenakan bra saat tidur terbukti bisa mengganggu kenyamanan dan siklus tidur Anda.



Riset dari Jepang membuktikan bra bisa berdampak pada jam biologis tubuh. Bra bisa membuat Anda sulit tidur atau tidak mendapatkan tidur nyenyak.


6. Mengurangi rasa sakit



Payudara bebas dari bra artinya Anda juga membebaskan diri dari rasa sakit. Ini berkaitan dengan pilihan model maupun ukuran bra.



7. Menghemat uang

Sebagian besar harga bra terbilang mahal. Bra super modis dari merek populer bahkan lebih mahal. Menemukan bra yang cocok untuk Anda adalah tugas yang panjang dan rumit. Jadi, lebih baik tak pakai bra.

#Hari Tanpa Bra #Kesehatan