Ulfa
Ulfa

Senin, 31 Agustus 2020 15:47

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kisah Sepasang Kekasih Curi Mobil Demi Biaya Nikah

Dari pengakuan pelaku, mobil hasil curiannya digadaikan kepada rekan BF seharga Rp30 juta. Uang tersebut dimanfaatkan untuk biaya pernikahan.

BUKAMATA - Sepasang kekasih asal Malang, Jawa Timur harus mengumur impiannya untuk mengikat janji suci dalam pernikahan.

Sebab, pria berinisial BF (35) serta kekasihnya, LK (27) keburu diamankan di Polsek Umbulharjo usai terbukti mencuri sebuah mobil milik korban Erwana Endrawan (25) di Jalan Imogiri Timur no 160 Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro menjelaskan bahwa pencurian terjadi pada Jumat (14/8/2020) sekitar pukul 09.00 wib.

"Rumah korban sendiri ditinggal dalam keadaan kosong. Jadi pelaku masuk menggunakan kunci khusus untuk membuka pintu dan pagar rumah korban," kata Setyo, Senin (31/8/2020).

Setyo menjelaskan, pelaku BF melancarkan aksinya sendirian. Satu pelaku lainnya, yakni kekasih BF dijadikan tersangka lantaran mengetahui tindakan pelaku dan ikut menikmati hasil curian mobil Daihatsu Xenia.

"Keduanya dijadikan tersangka karena memang secara sadar melakukan kegiatan pencurian. Bagi kekasih BF dia ikut menikmati hasil uang yang didapat dari curian kendaraan itu," jelasnya.

Setyo menuturkan, aksi BF dimulai saat mencari rumah warga yang kosong. Setyo menyebut bahwa pelaku sudah mengintai rumah korban sejak dua pekan sebelum melancarkan aksinya.

"Pelaku mengetahui bahwa rumah sedang dalam keadaan kosong. Korban sendiri sedang keluar rumah sementara ayah korban tengah bersepeda pada Jumat pagi," jelasnya.

Ketika ayah korban kembali ke rumah, mobil yang terparkir di garasi rumah hilang. Ayah korban langsung menelepon Erwana untuk menanyakan keberadaan mobil.

"Korban akhirnya pulang ke rumah dan mengecek lemari. Namun, BPKB mobil miliknya ikut hilang. Korban langsung melaporkan kepada Polsek Umbulharjo," katanya.

Dalam penyelidikan polisi, mereka mendapati wajah pelaku dari CCTV yang ada di lokasi kejadian. Barang bukti berupa mobil sempat ditawarkan di sebuah showroom di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pelaku yang diketahui tinggal di sebuah indekos wilayah Pleret Bantul, akhirnya berhasil ditangkap setelah petugas menyamar menjadi penyewa indekos.

"Jadi kami sudah mengintai pelaku selama dua hari di indekosnya. Ketika pelaku datang, langsung kami amankan. Pelaku bersama kekasihnya tinggal di sana selama ini," kata Setyo dilansir Suara.

Dari pengakuan pelaku, mobil hasil curiannya digadaikan kepada rekan BF seharga Rp30 juta. Uang tersebut dimanfaatkan untuk biaya pernikahan.

"Jadi dimanfaatkan untuk pernikahan. Saat kami intai di tempat tinggalnya, kekasih pelaku (LK) berada di tempat pernikahan. Namun kami tunggu pelaku BF malah tidak datang," terang Setyo.

#Pencurian #Menikah