Muh. Taufik
Muh. Taufik

Rabu, 12 Agustus 2020 11:08

Karikatur Bukamatanews
Karikatur Bukamatanews

Lawan Kolom Kosong di Soppeng, AKAR LHD Diingatkan Pergerakan Tak Terlihat

Pasangan Kaswadi Razak-Luhfi Halide optimis akan memenangkan Pilkada Soppeng.

SOPPENG - Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dipastikan akan berhadapan dengan kolom kosong pada Pilkada 2020. Hal itu setelah PDI Perjuangan menerbitkan rekomendasi bagi Andi Kaswadi yang berpasangan dengan Luthfi Halide. Dengan begitu, partai pemilik kursi di DPRD Soppeng yang tersisa hanya Partai Demokrat dengan tiga kursi. Yang mana jumlah kursi ini tidak mencukupi untuk mengusung pasangan calon.

Analisis Politik, Nurmal Idrus menilai, terciptanya kolom kosong di Pilkada Soppeng membuat peluang Andi Kaswadi untuk menahkodai Soppeng lima tahun ke depan akan terbuka lebar.

"Tak pernah ada catatan buruk ketika Petahana melawan kotak kosong. Semua berakhir kemenangan untuk petahana," katanya.

Direktur Nurani Strategic ini melihat Andi Kaswadi selaku pertahanan tidak akan kesulitan dalam menghadapi kolom kosong. "Dia akan bisa dengan mudah mengalahkannya," ungkapnya.

Meski begitu, Nurmal mengingatkan agar pasangan dengan akronim AKAR LHD ini tidak lengah. "Yang perlu diwaspadai adalah gelombang dukungan kolom kosong oleh karena AKAR LHD menganggapnya sebagai lawan yang mudah," jelasnya.

Untuk itu, menurut bekas Ketua KPU Makassar ini, tim AKAR LHD tetap harus melakukan kontroling dan evalussi ketat terkait dengan kondisi di lapangan. "Sebab pola dukungan kolom kosong selama ini relatif menipu pandangan dan bergerak tak terlihat," pungkasnya.

#Kaswadi Razak #Pilkada Soppeng