Ulfa
Ulfa

Jumat, 24 Juli 2020 15:08

Gedung Konsulat AS di China.
Gedung Konsulat AS di China.

Balas Dendam, China Perintahkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

Kementerian Luar Negeri China mengatakan langkah ini adalah tanggapan yang sah.

BUKAMATA - China memerintahkan penutupan konsulat Amerika Serikat di Kota Chengdu, seiring pertikaian diplomatik antara kedua negara semakin memanas.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan langkah ini adalah tanggapan yang sah dan perlu atas keputusan Amerika menutup konsulat China di Houston, Texas awal pekan ini, atas tudingan memata-matai.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah AS.

Sebelumnya, Amerika Serikat telah mendakwa empat warga negara China atas tuduhan kecurangan visa dan berbohong mengenai afiliasi mereka dengan militer China.

Tiga orang sudah ditahan, sementara FBI berusaha menangkap orang keempat, yang disebut-sebut berlindung di konsulat China di San Francisco.

Agen-agen FBI juga telah mewawancarai sejumlah orang di 25 kota di Amerika Serikat (AS) yang memiliki "afiliasi yang belum diumumkan" dengan militer China.

Jaksa penuntut mengatakan hal ini merupakan bagian dari rencana China mengirim para ilmuwan militer ke AS.

Sejumlah anggota militer China - People's Liberation Army (PLA) - mengajukan visa penelitian dan menyembunyikan "afiliasinya" dengan militer, kata jaksa penuntut dari Departemen Kehakiman AS, John C Demers dalam siaran pers.

"Ini adalah bagian lain dari rencana Partai Komunis China untuk mengambil keuntungan dari keterbukaan masyarakat kita dan mengeksploitasi institusi akademik."

Dilansir BBC, penangkapan ini terjadi setelah AS mengumumkan seorang ilmuwan China sedang berlindung di konsulat China di San Francisco.

Sebelumnya, para pejabat AS telah memerintahkan penutupan kantor perwakilan China di Houston, dengan menyebut bahwa hal ini terkait dengan dugaan keterlibatannya dalam perkara pencurian kekayaan intelektual.

Sebelumnya, seorang ilmuwan asal China yang dicurigai melakukan kecurangan visa dan merahasiakan hubungannya dengan militer telah kabur ke konsulat China di San Francisco, kata pejabat Amerika Serikat.

#China #Amerika Serikat