Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Jumat, 03 Juli 2020 15:12

Rudy Pieter Goni. IST
Rudy Pieter Goni. IST

Paket Kaswadi Razak-Lutfi Retak, PDIP Sodorkan Dua Kadernya

PDIP akan melakukan pertemuan dengan Kaswadi dan juga beberapa partai koalisi yang telah mengusung Kaswadi-Luthfi Halide sebelumnya.

MAKASSAR - DPD I PDIP Sulawesi Selatan mengambil langkah cepat setelah partai koalisi yang dibangun calon incumbent Bupati Soppeng, Kaswadi Razak retak jelang Pilkada Soppeng yang digelar 9 Desember 2020.

Sekretaris PDIP Sulawesi Selatan, Rudy Pieter Goni mengatakan, PDIP akan melakukan pertemuan dengan Kaswadi dan juga beberapa partai koalisi yang telah mengusung Kaswadi-Luthfi Halide sebelumnya.

"Seperti Golkar misalnya. Karena kami akan menyodorkan dua kader kami yaitu Andi Anshari Mangkona dan Husain Djunaid setelah Andi Mapparemma tak ingin maju dalam pemilihan ini," kata Rudy Pieter Goni.

Apalagi, PDIP memiliki lima kursi di DPRD Soppeng. Sementara syaratnya hanya enam kursi untuk maju dalam pemilihan tersebut.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua PDIP Sulawesi Selatan yang juga Ketua Fraksi PDIP, Andi Anshari Mangkona menjelaskan, Pilkada Soppeng diprediksi melawan kotak kosong.

Siapaun yang menjadi wakil Kaswadi tentu PDIP akan mendukung. "Kalau itu perintah partai tentu harus dipenuhi," katanya.

Diketahui, di Pilkada Soppeng pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kaswadi Razak-Luthfi Halide telah diusung oleh Golkar, NasDem, dan PDIP. Belakangan koalisi Golkar dan NasDem retak karena diduga imbas dari usungan Pilwalkot Makassar.

Dimana NasDem mengusung Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi. Padahal sebelumnya paket Danny Pomanto-Andi Zunnun Nurdin Halid.

Tak hanya di Pilkada Soppeng, PDIP-pun tengah mempersiapkan kadernya di Pilkada Toraja dan Toraja Utara. Yaitu bakal calon incumbent Bupati Kalatiku Paembonan.

"Di Toraja masih dinamis. Makanya kami belum keluarkan rekomendasi. PDIP memiliki empat kursi," bebernya.

Begitupula di Pilkada Toraja Utara, masih dinamis. Tapi PDIP persiapkan tiga kadernya. Yaitu Jhon Diplomasi, Albert Patarrru, Theofilus Allorerung, dan Opi Sanda.

#Kaswadi Razak #PDIP Sulsel #Pilkada Soppeng