Aswad Syam
Aswad Syam

Sabtu, 11 April 2020 09:32

Ilustrasi
Ilustrasi

Penuhi Pangan Warga Terdampak Covid-19, Dinsos Sulsel Alokasikan Anggaran Rp16,3 Miliar

Warga yang masuk zona merah dan terdampak Covid-19, akan mendapatkan bantuan logistik dan sembako, termasuk Sulsel.

MAKASSAR, BUKAMATA - Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Selatan, menyiapkan anggaran sebesar Rp16,3 miliar guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 24 kabupaten/kota di Sulsel, khususnya yang masuk dalam daftar zona merah.

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Sulsel, Kasmin menjelaskan, anggaran tersebut nantinya akan disalurkan dalam bentuk bantuan logistik dan sembako.

"Anggaran yang telah disetujui itu sebesar Rp16,3 miliar. Kita akan salurkan dalam bentuk bantuan logistik. Sebab mekanisme apapun yang diterapkan untuk mencegah masyarakat kita keluar rumah itu tidak akan berhasil jika kebutuhan pokok mereka belum terpenuhi. Maka di saat itulah kita harus hadir," ungkapnya.

Menurut Kasmin, sejauh ini berdasarkan basis data terpadu (BDT), tercatat ada 921.349 kepala keluarga (KK) yang masuk kategori miskin di Sulsel. Dari jumlah tersebut, 427.512 KK di antaranya telah mendapatkan bantuan lewat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Artinya masih ada sekitar 493.837 KK yang harus dibantu saat ini.

Setelah dihitung, kata Kasmin, anggaran sebesar Rp16,3 miliar tersebut hanya akan mampu memenuhi kebutuhan pangan sekitar 120.000 KK. Oleh karena itu, katanya, penyaluran bantuan pangan itu akan diprioritaskan pada daerah-daerah yang masuk zona merah.

Ada 11 daerah yang saat ini termasuk zona merah penyebaran Covid-19 di Sulsel. Masing-masing Kota Makassar, Luwu Timur, Gowa, Enrekang, Bulukumba, Maros, Sidrap, Pangkep, Luwu, Takalar dan Pinrang.

"Jadi bantuan pokoknya itu ada 10 item logistik yang kita akan berikan per KK serta 6 item peralatan kesehatan. Tapi peralatan kesehatan seperti APD itu kita peruntukkan untuk relawan yang akan membagikan sembako tersebut di lapangan," demikian Kasmin.

Penulis : Rizal
#Covid-19 #Cegah Corona