Ibnu Kasir Amahoru
Ibnu Kasir Amahoru

Selasa, 10 Maret 2020 19:07

PSM Makassar menjamu Kaya FC-Iloilo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).
PSM Makassar menjamu Kaya FC-Iloilo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Main 10 Pemain Sejak Awal Laga, PSM Ditahan Imbang Kaya FC 1-1

PSM Makassar harus puas bermain imbang 1-1 saat bersua Kaya FC-Iloilo pada matchday AFC Cup 2020 di Stadion Madya Senayan.

BUKAMATA - Hasil kurang memuaskan diperoleh PSM Makassar pada matchday ketiga penyisihan Grup H AFC Cup 2020. Menjamu Kaya FC-Iloilo di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (10/3/2020) sore, PSM harus puas bermain imbang 1-1.

Nasib sial sudah menimpa tim berjuluk Juku Eja itu sejak menit ke-10. Dedi Gusmawan harus diusir keluar lapangan oleh wasit setelah menerima kartu kuning keduanya. Praktis PSM pun hanya bermain dengan 10 pemain saja.

Unggul jumlah pemain, Kaya FC mampu memborbardir lini pertahanan PSM dipertengahan babak pertama. Beruntung, Hussein El Dor dan Wasyiat Hasbullah masih sigap mengamankan daerahnya dari gempuran para pemain tim wakil Filipina itu.

Keasyikan menyerang, justru membuat barisan belakang Kaya FC lengah. Kelengahan itu berhasil dimanfaatkan oleh Osas Saha untuk mencetak gol di menit ke-22 lewat sebuah skema serangan balik.

Umpan terobosan M Arfan tidak disia-siakan Osas Saha. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper Kaya FC, Louie Casas, Saha kemudian melepas tembakan akurat sekaligus mengecoh lawan. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSM dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Kaya FC begitu mendominasi pertandingan. PSM pun dipaksa bertahan nyaris setengah lapangan. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh tim yang menempati peringkat kedua liga sepak bola Filipina musim lalu itu.

Akhirnya, serangan-serangan Kaya FC yang mayoritas dilancarkan dari sisi sayap itu membuahkan hasil. Eric Giganto berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulan kepalanya menuntaskan umpan Arnel Amita di menit ke-50.

Di pertengahan babak kedua, Pelatih PSM, Bojan Hodak mencoba memasukkan tiga amunisi baru. Masing-masing Asnawi Mangkualam Bahar, Serif Hasic dan Hasyim Kipuw.

PSM kemudian mencoba kembali menaikkan intensitas serangan. Wajar, tim tuan rumah menargetkan kemenangan di laga ini.

Hanya saja, hal itu tak bertahan lama. PSM kembali tampil melempem di akhir-akhir babak kedua. Kaya FC pun lagi-lagi menguasai pertandingan dan semakin agresif melancarkan serangan. Takumi Uesato dan Carlyle Mitchell nyaris membawa Kaya FC unggul, sayang penyelesaian akhirnya belum menemui sasaran.

PSM sebenarnya nyaris unggul di masa injury time. Sayang, sontekan Osas Saha setelah mendapatkan umpan dari Yakob Sayuri masih melebar tipis disisi kanan gawang Kaya FC. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, Kaya FC untuk sementara masih memimpin klasemen Grup H dengan lima poin. Sementara itu PSM berada di peringkat kedua dengan torehan empat poin.


#PSM Makassar #AFC Cup 2020