Redaksi
Redaksi

Kamis, 23 Mei 2024 10:38

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Prabowo Didorong Pimpin Perjuangan Kemanusiaan untuk Kemerdekaan Palestina

pemerintahan Prabowo Subianto nantinya akan mengambil langkah yang lebih maju dan kontributif dalam isu Palestina.

JAKARTA, BUKAMATANEWS - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana, mengusulkan agar Indonesia mengambil pendekatan baru dalam mendukung kemerdekaan Palestina dengan menekankan pada isu kemanusiaan. Hikmahanto menyatakan bahwa semangat perjuangan ini dapat menginspirasi mahasiswa dan profesor di Amerika Serikat (AS) untuk berdiri tegak meski menghadapi berbagai tantangan.

Dalam diskusi Gelora Talks bertajuk "Dunia Dukung Palestina di PBB: Israel dan Amerika Meradang" yang disiarkan di kanal YouTube Gelora TV pada Rabu (22/5/2024), Hikmahanto menggarisbawahi bahwa Indonesia tidak perlu malu menunjukkan keberpihakannya kepada Palestina. "Amerika dan Israel sudah tahu posisi Indonesia, sehingga kita tidak perlu malu-malu lagi," tegasnya. Menurutnya, Indonesia harus terus mempromosikan isu kemanusiaan Palestina di forum internasional seperti Majelis Umum dan Dewan Keamanan PBB.

Hikmahanto menambahkan bahwa opini tersebut diharapkan dapat menciptakan generasi baru yang sadar akan masalah Palestina dari perspektif kemanusiaan. "Indonesia bisa memimpin 143 negara yang mendukung Palestina. Kita berharap pemerintah berikutnya, di bawah Pak Prabowo, tidak sekadar mencari popularitas tetapi juga membantu rakyat Palestina mendapatkan kembali tanah mereka," ujarnya.

Pengamat geopolitik Tengku Zulkifli Usman, yang juga menjadi narasumber dalam diskusi tersebut, setuju bahwa pendekatan baru diperlukan. "Generasi baru memiliki paradigma dan perspektif baru soal Palestina. Sekarang semangat global sudah positif dan perlu terus dijaga," katanya. TZU, sapaan akrabnya, menekankan bahwa isu Palestina bukan sekadar masalah agama, melainkan sudah menyangkut kemanusiaan, genosida, dan pelanggaran HAM berat.

Ia berharap pemerintahan Prabowo Subianto nantinya akan mengambil langkah yang lebih maju dan kontributif dalam isu Palestina. "Indonesia harus terus maju dan lebih kontributif, termasuk dalam isu Palestina," ujar Zulkifli.

Dr. Abdulrahman Ibrahim dari University Sains Islam Malaysia yang juga hadir dalam diskusi tersebut, menyatakan bahwa AS dan Israel adalah negara yang tidak menghormati demokrasi, sementara Palestina patuh pada prinsip demokrasi. Menurutnya, Palestina kini mendapatkan dukungan dari generasi Z di seluruh dunia dan dari kampus-kampus terkenal di AS.

"Gen Z saat ini berani melawan Amerika dan rezim Tel Aviv (Israel). Banyak warga Amerika yang menentang penggunaan pajak mereka untuk membeli senjata bagi Israel," jelas Abdulrahman. Ia yakin bahwa pada akhirnya AS akan mendukung kemerdekaan Palestina, seperti yang terjadi di Afghanistan di mana mereka kalah dari Taliban.

Abdulrahman juga menyerukan agar negara-negara Arab dan pendukung Palestina memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel dan menggalakkan boikot terhadap produk-produk Israel serta perusahaan yang mendukung Zionis Israel.

#Prabowo #Anis Matta #DPN Partai Gelora

Berita Populer