Redaksi
Redaksi

Selasa, 19 Maret 2024 04:55

Ilustrasi
Ilustrasi

Bank Mandiri Siapkan Rp 31,3 Triliun untuk Kebutuhan Uang Tunai Selama Ramadan dan Lebaran

Bank Mandiri telah mengoptimalkan berbagai channel pembayaran online, seperti mesin EDC dan aplikasi Livin' by Mandiri, untuk mempercepat transaksi nasabah.

BUKAMATANEWS - Dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 2024, Bank Mandiri telah menyiapkan dana sebesar Rp 31,3 triliun. Jumlah ini tersedia selama 30 hari ke depan, mulai dari 18 Maret hingga 16 April 2024. Peningkatan ini mencapai 10,5 persen dibandingkan dengan proyeksi tahun sebelumnya.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri, Teuku Ali Usman, langkah ini bertujuan untuk membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri, terutama dalam pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagian besar alokasi dana tersebut akan digunakan untuk mengisi ATM Bank Mandiri dengan jumlah prediksi penggunaan mencapai Rp 1,7 triliun per hari selama periode tersebut.

Ali Usman menjelaskan bahwa Bank Mandiri juga telah mengoptimalkan berbagai channel pembayaran online, seperti mesin EDC dan aplikasi Livin' by Mandiri, untuk mempercepat transaksi nasabah. Dalam hal ini, Bank Mandiri akan meningkatkan kapasitas transaksi per detik Livin' by Mandiri menjadi 70.000, termasuk layanan BI Fast yang menjadi pilihan utama nasabah dalam pengiriman dana.

Untuk mengamankan kelancaran transaksi BI FAST, Bank Mandiri akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) guna mengantisipasi lonjakan transaksi pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain itu, Bank Mandiri juga akan melakukan langkah preventive maintenance pada 10.235 ATM dan 246.000 EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di lokasi-lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU, dan tempat wisata.

Ali juga mengungkapkan bahwa nasabah dapat memanfaatkan berbagai fitur Livin' by Mandiri, termasuk top up Mandiri e-money, pembayaran tagihan bulanan dan e-commerce, top up e-money dan e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Fitur Sukha pada super app ini bahkan memungkinkan nasabah untuk memesan tiket kereta, pesawat, dan tempat wisata.

Untuk memudahkan pengguna jalan tol, Bank Mandiri akan menyediakan stok kartu Mandiri e-money sebanyak 975.000 kartu, yang dapat diperoleh melalui berbagai channel distribusi seperti cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail, outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce, serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Selain itu, Bank Mandiri juga telah menyiapkan tim monitoring IT yang siaga untuk memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal menghadapi kenaikan transaksi seluruh channel pembayaran elektronik.

Ali menutup dengan menyatakan bahwa selama bulan Ramadan, Bank Mandiri akan memberikan program-program khusus spesial Ramadan untuk memanjakan nasabah, yang dapat diakses melalui bmri.id/ramadan2024.

#Bank Mandiri

Berita Populer