Redaksi
Redaksi

Jumat, 29 Desember 2023 18:11

Pemilu 2024: Tiga Besar Partai yang 'Beradu Kuat' Menurut Pendiri KedaiKOPI

Pemilu 2024: Tiga Besar Partai yang 'Beradu Kuat' Menurut Pendiri KedaiKOPI

Hensat memperkirakan bahwa, selain Gerindra, Golkar juga akan mendapatkan efek 'coat tail' yang positif

JAKARTA, BUKAMATA - Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, meyakini bahwa persaingan ketat akan terjadi di tiga besar partai politik pada Pemilu 2024, dengan PDI-P, Gerindra, dan PKB menjadi perebut utama.

Hendri, yang akrab disapa Hensat, mengungkapkan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa ketiga partai tersebut akan mengalami efek "coat tail" secara langsung dari calon presidennya masing-masing. Dengan demikian, secara berurutan, partai politik yang menduduki tiga besar akan menjadi PDIP, Gerindra, dan PKB.

"PDI Perjuangan akan mendapatkan efek 'coat tail' dari Ganjar Pranowo, Prabowo akan memberikan efek yang besar kepada Gerindra, dan Muhaimin Iskandar akan memberikan efek 'coat tail' kepada PKB di kubu Anies-Muhaimin,” kata Hensat pada Jumat (29/12/2023).

Menanggapi posisi NasDem yang tidak masuk dalam tiga besar meski menjadi partai politik pertama yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden, Hensat menjelaskan bahwa hal ini disebabkan Anies bukan kader NasDem.

"Walaupun NasDem mendapatkan efek 'coat tail' dari Anies Baswedan, tapi Anies bukanlah kader NasDem sehingga pemilih tidak langsung menganggap bahwa NasDem adalah Anies Baswedan, meskipun menurut hasil survei KedaiKOPI salah satu alasan responden memilih NasDem adalah karena Anies Baswedan,” papar Hensat.

Lebih lanjut, Hensat menyebutkan bahwa jika PKB berhasil masuk dalam tiga besar, itu akan menjadi prestasi besar bagi partai tersebut. "2024 akan menjadi pencapaian tertinggi bagi PKB bila perhelatan pemilu sesuai dengan perkiraan PKB," tambahnya.

Hensat menilai kehadiran Muhaimin Iskandar di dalam kertas suara akan memberikan keuntungan langsung bagi PKB, dan ia memprediksi partai ini akan menduduki posisi tertinggi dalam pemilu.

Selain tiga partai utama, Hensat juga meramalkan bahwa beberapa partai lain akan melonjak karena mendapatkan efek 'coat tail' dari pasangan capres-cawapres, seperti PKS yang diprediksi akan menjadi pendukung terbesar Anies Baswedan.

"Saya memprediksi PKS akan menempati urutan kedua terbesar sebagai pendukung Anies Baswedan. Sehingga urutannya akan PKB, PKS, lalu NasDem,” ungkap Hensat.

Sementara dalam kubu Prabowo Subianto, Hensat memperkirakan bahwa, selain Gerindra, Golkar juga akan mendapatkan efek 'coat tail' yang positif. "Golkar akan mendapat efek 'coat tail' meski lonjakannya tidak besar atau bahkan angkanya akan turun dibandingkan hasil di Pemilu 2019 silam,” jelas Hensat.

#Pemilu 2024 #Partai politik

Berita Populer