Hikmah
Hikmah

Senin, 20 November 2023 11:18

Ilstrasi Kecelakaan antara bus dan kereta api
Ilstrasi Kecelakaan antara bus dan kereta api

Kecelakaan Maut Mini Bus Tabrak Kereta di Lumajang, 11 Tewas dan 4 Luka Berat, Ini Daftar Identitasnya

"Ada 11 korban meninggal dan empat orang mengalami luka berat akibat kejadian kecelakaan tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Senin dini hari.

BUKAMATA - Kecelakaan tragis terjadi di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada malam Minggu  19 November 2023 kemarin ketika sebuah kendaraan mikrobus Isuzu Elf Nopol. N-7646-T bertabrakan dengan Kereta Api (KA) Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi--Surabaya. Dalam kecelakaan ini, sebanyak 11 orang tewas, sedangkan empat orang lainnya mengalami luka berat.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang, AKBP Agus Gede Made Artha, mengkonfirmasi bahwa seluruh korban telah didata dan berada di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

"Ada 11 korban meninggal dan empat orang mengalami luka berat akibat kejadian kecelakaan tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Senin dini hari.

Petugas telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengevakuasi korban, baik yang selamat maupun yang meninggal, serta melakukan identifikasi terhadap korban yang tewas. Daftar nama korban tewas antara lain:

  1. Tn. Riyono / Babatan, Surabaya
  2. Ny. Yelis Agustiana / Dukuh Pakis, Surabaya
  3. Tn. Gatot Hari Cahyono / Gubeng, Surabaya
  4. Tn. Nur Muhamad / Karang Pilang, Surabaya
  5. Ny. Sunarti / Pakis, Surabaya
  6. Ny. Sri Rahayu / Simom Mulyo Baru, Surabaya
  7. Tn. Edi Sugianto / 57 Thn / Pakis Gunung Sawahan, Surabaya
  8. Ny. Titik Ristianti / 55 Thn / Putat Jaya C Timur, Surabaya
  9. Tn. Suyono / 55 Thn / Tandes, Surabaya
  10. Belum teridentifikasi
  11. Belum teridentifikasi

Sementara itu, empat korban yang mengalami luka berat sedang menjalani perawatan di RSUD dr. Haryoto Lumajang. Mereka adalah:

  1. Tn. Warsito / 60 Thn / Banyu Urip Wetan, Sawahan, Surabaya
  2. Tn. Bayu Trinanto / 58 Thn / Kembang Kuning Kulon Sawahan, Surabaya
  3. Ny. Ardhika / 57 Thn / Perumahan Grand Hasanah, Surabaya
  4. Cucu dari Ny. Sri Rahayu / -/+ 8 Thn / Simo Mulyo Baru, Surabaya.

Kronologis kecelakaan ini bermula saat kendaraan minibus Isuzu Elf melintasi lintasan kereta api tanpa palang pintu dari arah selatan ke utara. Bersamaan, KA Probowangi melaju dari arah timur ke barat. Benturan tidak terhindarkan dan kecelakaan terjadi pada pukul 19.53 WIB.

Pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memahami penyebab pasti kecelakaan ini. Kiranya kejadian ini memberikan peringatan penting akan pentingnya kehati-hatian di perlintasan kereta api.