Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Senin, 27 Maret 2023 21:35

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

Hasil Survei SMRC, Ganjar Pranowo Dinilai Paling Bisa Lanjutkan Program Jokowi

Di mata publik, Pilpres 2024 mendatang lebih dari sekadar pertarungan antara Ganjar Pranowo melawan Anies Baswedan. Persaingan ini, mencerminkan kontiniutas versus perubahan.

JAKARTA, BUKAMATA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya bertajuk Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, diyakini sebagai bakal capres di Pilpres 2024 yang akan melanjutkan program Presiden Jokowi.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menjelaskan, dalam survei ini, publik diberi daftar lima nama yang paling potensial maju sebagai capres yang paling bisa melanjutkan program pemerintahan Jokowi. Hasilnya, sebanyak 35,8 responden menilai Ganjar Pranowo sebagai capres yang paling bisa melanjutkan program Jokowi.

"Kemudian, nama Prabowo Subianto dipilih oleh 23,9 persen, dan Anies Baswedan 20,5 persen. Selain itu, terdapat nama Puan Maharani dengan 2,9 persen dan Airlangga Hartarto dengan 1,8 persen," kata Deni, melalui kanal YouTube SMRC TV, Senin, 27 Maret 2023.

Kata Deni, Ganjar Pranowo dinilai paling bisa melanjutkan program Jokowi. Selain itu, responden juga diminta memilih nama capres yang dinilai paling tidak mungkin melanjutkan program Jokowi. Hasilnya, Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan 21,3 persen, disusul Puan dengan 17,4 persen, Prabowo 15,4 persen, Ganjar 9,6 persen, dan Airlangga 8,6 persen. Masih ada 27,7 persen yang belum menjawab.

Dengan hasil survei ini, Deni mengatakan, di mata publik, Pilpres 2024 mendatang lebih dari sekadar pertarungan antara Ganjar Pranowo melawan Anies Baswedan. "Persaingan ini, mencerminkan kontiniutas versus perubahan," katanya.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 2 Maret sampai dengan 11 Maret 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random atau stratified multistage random sampling 1.220 responden. Response rate atau responden yang dapat diwawancarai secara valid sebesar 1.061 atau 87 persen.

Sebanyak 1061 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling. (*)

 

 

#Hasil survei SMRC #Ganjar Pranowo #Pilpres #Pemilu 2024