Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Rabu, 15 Februari 2023 17:26

Ilustrasi
Ilustrasi

Tunadaksa Ini Dianiaya Pria Mabuk, Ketua PPDI: Jangan Ada Restorative Justice

Informasi yang dihimpun, saat ini pelaku sudah diamankan polisi. Dan pihak kepolisian juga sudah mendatangi rumah korban untuk mencari keterangan lebih lanjut.

BONE, BUKAMATA - Seorang penyandang disabilitas di Dusung Sawangnge, Desa Paccing, menjadi korban penganiayaan pada Senin malam, 13 Februari 2023. Korban diketahui bernama Sattung Makkulawu yang merupakan seorang tunadaksa. Ia dianiaya oleh pria bernama Fikar.

Kakak korban, Arbaim, yang dihubungi melalui sambungan telepon membenarkan kasus penganiayaan yang dialami oleh adiknya itu.

"Kejadiannya Senin malam, setelah Magrib. Adik saya dari beli makanan di warung, kemudian dia duduk sambil makan makanan yang dibeli. Lalu datang pelaku menganiaya adik saya," kata Arbaim, Rabu, 15 Februari 2023.

Kata Arbaim, adiknya dianiaya oleh seorang lelaki bernama Fikar menggunakan tangan kosong. Pada saat itu, pelaku dalam kondisi mabuk.

"Cukup parah lukanya adik ku, hidungnya pecah dan berdarah. Bahkan dia sempat pingsan waktu dianiaya," ungkap Arbaim.

Informasi yang dihimpun, saat ini pelaku sudah diamankan polisi. Dan pihak kepolisian juga sudah mendatangi rumah korban untuk mencari keterangan lebih lanjut.

Sementara, Ketua PPDI Bone, Andi Takdir, yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan adanya penganiayaan yang dilakukan seorang pemuda terhadap disabilitas daksa yang terjadi di Paccing.

"Semoga pelaku bisa dihukum sesuai KUHP yang berlaku, dan semoga tidak di RJ (Restorative Justice) agar hal serupa tidak terulang lagi," kata Andi Takdir.

Kata Andi Takdir, baru-baru ini Bone sudah mengesahkan Peraturan Bupati No 42 Tahun 2022 tentang penyediaan pelayanan perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas. Perbup tersebut tercantum jelas bahwa pemerintah berkewajiban menyediakan pelayanan aksesibilitas terhadap disabilitas yang berhadapan dengan hukum. (*)

 

Penulis : Choys
#Penganiayaan #Tunadaksa #Disabilitas #Polres Bone