Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Jumat, 14 Oktober 2022 10:15

Hamka B Kady
Hamka B Kady

Matangkan Konsep BUMDes, Hamka B Kady Minta Kemendes PDTT Perbanyak Pelatihan untuk Pengelola

Jumlah BUMDes di Sulsel mencapai 1.544 unit, dengan jumlah unit usaha sebanyak 1.355 unit. Total modal yang dikelola sebesar Rp 54 miliar lebih.

MAKASSAR, BUKAMATA - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, meminta agar Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), kembali mematangkan konsep Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Termasuk memperbanyak pelatihan bagi para pengelola.

"BUMDes ini harus ada evaluasi. Harus dimatangkan konsepnya supaya lebih berdayaguna dan bermanfaat bagi desa itu sendiri," kata Hamka, Jumat, 14 Oktober 2022.

Sebagai salah satu pencetus lahirnya program BUMDes, politisi Golkar ini mengungkapkan jika tujuan utama BUMDes untuk membangkitkan perekonomian masyarakat desa. Termasuk, melahirkan entrepreneur-entrepreneur di tingkat desa.

"Jika BUMDes ini dikelola dengan baik, maka akan memberikan dampak yang besar bagi perekonomian kita," ujarnya.

Hamka mengaku, sudah menyampaikan hal tersebut kepada Kemendes PDTT saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR RI, beberapa waktu lalu. Apalagi ia melihat, pelatihan untuk pengelola BUMDes di Seluruh Indonesia hanya 13 angkatan.

"Ini harus dimaksimalkan, dan harus kita evaluasi. Dimana kekurangannya. BUMDes kalaupun diberi bantuan permodalan, tetapi tidak dikelola dengan baik, dengan profesional, tentu tidak akan berhasil," pungkasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan data Pemprov Sulsel, jumlah BUMDes di Sulsel mencapai 1.544 unit, dengan jumlah unit usaha sebanyak 1.355 unit. Total modal yang dikelola sebesar Rp 54 miliar lebih. (*)

 

#Hamka B Kady #komisi V DPR RI #Fraksi Golkar