Hikmah
Hikmah

Rabu, 21 September 2022 23:00

Motor dengan stiker Batalyon 120
Motor dengan stiker Batalyon 120

Gawat, Nama Batalyon 120 Mulai Dicatut Pelaku Kejahatan

Sayangnya, karena nama organisasi ini sedang jadi topik perbincangan, sejumlah pria yang ditangkap karena terseret kasus pidana malah mengaku-ngaku sebagai anggota organisasi pemuda tersebut.

MAKASSAR, BUKAMATA - Sejak viral akibat markasnya digerebek pihak kepolisian. Nama Batalyon 120 kini mulai banyak dikenal disejumlah kalangan.

Sayangnya, karena nama organisasi ini sedang jadi topik perbincangan, sejumlah pria yang ditangkap karena terseret kasus pidana malah mengaku-ngaku sebagai anggota organisasi pemuda tersebut.

Di media sosial beredar video , 2 orang pria yang ditangkap polisi di Jalan Galangan Kapal, Makassar karena kasus kepemilikan senjata tajam.

Di video itu, mereka mengakui membawa senjata tajam tertentu dan mengaku anggota Batalyon 120. Berikut penggalan narasi dalam video yang beredar beberapa waktu lalu.

Saya anak Batalyon 120 Sektor Juanda, ditangkap Tim Resmob Polda Sulsel bawa badik,” kata pria inisial AF.

Kemudian, pria yang satunya lagi juga mengakui bahwa dirinya merupakan anggota dari organisasi pemuda bentukan Polrestabes dan Pemkot Makassar tersebut.

Anggota dari Batalyon 120 ditangkap Resmob Polda, Sektor Sinassara,” kata WD.

Kemudian si perekam menanyakan soal benda yang ia bawa dan membuatnya ditangkap.

Bawa apa kau?” tanya si perekam.

Busur,” jawab pria tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Komang Suartana angkat bicara. Kombes Komang membantah bahwa 2 orang itu adalah anggota organisasi kepemudaan bentukannya bersama Pemkot Makassar.

“Tidak terbukti ybs adalah anggota B120 (Batalyon 120). Tersangka berlindung atas nama B120. Ini yang viral,” katanya kepada wartawan, Minggu (19/9).

Beberapa hari setelahnya, beredar lagi video yang memperlihatkan seorang pria ditangkap kasus pencurian dan mengaku sebagai anggota Batalyon 120.

Dalam video beredar, terlihat sebuah stiker logo Batalyon 120 yang ia tempel di setir sepeda motor miliknya. Berikut interogasi pria itu dalam video.

"Batalyon 120?" tanya si perekam.

"Iya komandan," jawab si pelaku.

"Batalyon berapa?" tanya lagi si perekam.

"120," jawab pria itu.

"Sektor mana?," tanya lagi si perekam.

"Manggala," jawabnya.

"Apa muambil," tanya lagi.

"Hape," jawab dia lagi.

"Nucuri atau nuambil?" tanya si perekam yang memastikan.

"Bukan,saya curi," jawabnya sedikit mengelak.

"Sama sama ko ?" tanya lagi si perekam.

"Iya," jawab lagi 

"Berdua ko ambil?," tanya si perekam.

"Iya," jawabnya dengan suara rendah. 

Awak media telah berupaya melakukan konfirmasi terkait video itu ke Koordinator Dewan Komando Batalyon 120, Izal melalui pesan singkat. Namun hingga hingga berita ini terbit, Izal tak kunjung merespons.

Penulis : Abdul Mugni
#Batalyon 120

Berita Populer