Wiwi
Wiwi

Minggu, 04 September 2022 23:32

Ingin Tidurmu Berkualitas? Perhatikan 5 Kebiasaan Ini

Ingin Tidurmu Berkualitas? Perhatikan 5 Kebiasaan Ini

Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia. Hal ini dikarenakan dengan tidur dapat membantu kinerja organ, sel, dan jaringan tubuh secara normal.

BUKAMATATidur merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia. Hal ini dikarenakan dengan tidur dapat membantu kinerja organ, sel, dan jaringan tubuh secara normal.

Oleh karena itu, semakin baik kualitas tidur, semakin baik juga untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Namun, sering kali bagi sebagian orang mengalami kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik. Padahal tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan, mencegah penyakit diabetes, dan penyakit jantung.

Berikut ini 5 langkah mendapatkan kualitas tidur yang baik :

1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum tidur

Sobat Bukamata, sebisa mungkin jangan tidur dalam keadaan lapar karena akan membuat sulit tidur atau terbangun di tengah malam.

Selain itu, jangan juga tidur tepat setelah makan. Hal tersebut menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga muncul rasa panas di dada (heartburn) yang bisa mengganggu tidur.

Sebaiknya, makan 4 jam sebelum tidur, sehingga perut tenang dan tidak mengganggu waktu tidur. Selanjutnya, hindari minum air secara berlebihan karena akan membuat terbangun ingin buang air kecil. Hindari minuman berkafein, seperti kopi, teh, coklat, dan lainnya.

Konsumsi air minum secukupnya agar memperoleh kenyamanan tidur.

2. Lakukan kegiatan menenangkan sebelum tidur

Melakukan kegiatan yang menenangkan secara konsisten sebelum tidur akan membantu membuat alarm secara alami di tubuh. Tubuh akan secara sadar memasuki masa transisi menjelang tidur dengan kegiatan tersebut.

Contoh kegiatan itu adalah membaca buku, mengatur pernapasan, mendengarkan musik, dan lainnya.

Kegiatan ini juga bisa menghindari stres dan membuat stabil emosi sehingga tidur dalam keadaan tenang.

Namun, hati-hati dengan alat elektronik karena cahaya birunya yang memancar dapat mempengaruhi hormon melatonin yang membantu tertidur dengan mudah.

3. Buat suasana menjadi nyaman

Buatlah kamar senyaman mungkin dengan menyalakan aromaterapi yang menenangkan, mengganti bantal yang lembut, hingga mengatur pencahayaan kamar.

Pastikan kamar dalam keadaan sejuk sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak.

4. Hindari waktu tidur siang

Jika tidak terlalu diperlukan sebaiknya jangan tidur di siang hari. Hal ini agar waktu dan kebiasaan tidur tetap terjaga dan tercukupi.

5. Lakukan olahraga teratur

Olahraga yang teratur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur loh. Tetapi, jika melakukan olahraga berat sebelum tidur maka akan mengganggu tidur.

Hal tersebut karena olahraga berat mendorong pelepasan hormon stres (kortisol) sehingga tubuh tidak mengantuk.

Sebaiknya, berolahraga 3 jam sebelum tidur di malam hari atau di pagi hari.

#Tidur #tips sehat #Kesehatan

Berita Populer