Dewi Yuliani
Dewi Yuliani

Rabu, 31 Agustus 2022 22:19

Curah air hujan yang tinggi di hulu mengakibatkan Sungai Rongkong meluap dan merendam empat desa di Kecamatan Malangke Barat.
Curah air hujan yang tinggi di hulu mengakibatkan Sungai Rongkong meluap dan merendam empat desa di Kecamatan Malangke Barat.

Sungai Rongkong Meluap, Rendam Empat Desa di Malangke Barat

Ada empat desa di Kecamatan Malangke Barat yang tergenang banjir. Yakni Desa Limbong Wara, Desa Wara, Desa Cenning, dan Desa Kalitata.

LUWU UTARA, BUKAMATA - Curah air hujan yang tinggi di hulu mengakibatkan Sungai Rongkong meluap. Akibatnya, empat desa yang ada di Kecamatan Malangke Barat terdampak.

Kapolsek Malangke Barat, Iptu Kawaru bersama Pjs Danramil Malangke Barat, Peltu Aspar serta Kasi Trantib Lukman turun memantau langsung lokasi banjir akibat luapan Sungai Rongkong, Rabu, 31 Agustus 2022.

Iptu Kawaru mengatakan, ada empat desa di Kecamatan Malangke Barat yang tergenang banjir. Yakni Desa Limbong Wara, Desa Wara, Desa Cenning, dan Desa Kalitata.

"Puluhan hektare lahan persawahan dan perkebunan terendam banjir," katanya.

Kapolsek melanjutkan, ketinggian air saat ini mencapai 50 cm sampai 1 meter. Akibat banjir tersebut, warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan membangun tenda pengusian.

"Sebagian mengungsi ke tempat ibadah seperti gereja dan ada yang ke rumah keluarganya," terangnya.

Ia juga mengungkapkan, dampak dari banjir tersebut mengakibatkan satu rumah warga terbawa arus air.

"Dampak yang terparah akibat banjir ini, satu rumah kosong hanyut akibat terseret arus air. Adapun identitas pemilik rumah yakni Mallang, 70 tahun, pekerjaan petani, alamat Urukumpang, Desa Cenning, Kecamatan Malangke Barat," kuncinya. (*)

#Sungai Rongkong #Banjir Luwu Utara

Berita Populer