Hikmah
Hikmah

Selasa, 09 Agustus 2022 17:10

Kunjungi Sudirejo Jogja, Chaidir Syam Bakal Sulap 12 Desa Di Maros jadi Desa Inklusi

Kunjungi Sudirejo Jogja, Chaidir Syam Bakal Sulap 12 Desa Di Maros jadi Desa Inklusi

“Kami mau Desa di Maros bisa mencontoh Desa Sidorejo yang memberikan layanan ramah bagi penyandang disabilitas atau sebagai desa inklusi,” jelasnya

BUKAMATA - Bupati Maros Chaidir Syam, bersama 53 kepala daerah ikut serta dalam rombongan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI. Mereka melakukan kunjungan ke desa inklusi di Yogjakarta, tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (9/2022). 

Pasca melakukan kunjungan ke Desa Sudirejo, Chaidir Syam mengaku ingin menerapkan hal serupa di Maros. 

“Kami mau Desa di Maros bisa mencontoh Desa Sidorejo yang memberikan layanan ramah bagi penyandang disabilitas atau sebagai desa inklusi,” jelasnya.

Nantinya, pihaknya di Maros akan menerapkan apa yang diperoleh dari kunjungan di desa inklusi di desa-desa di Kabupaten Maros. Setidaknya dia menarget kan ada 12 desa yang akan jadi piloting desa inklusi.

Saat ini kata dia, Maros sudah memiliki landasan bergerak dalam memberikan pelayanan inklusi.

"Saat ini belum terbentuk organisasi khusus disabilitas di desa (di Maros). Anak disabilitas bisa kita fasilitasi, misalnya dengan mengikuti organisasi karang taruna, kemudian melibatkan mereka dalam musrenbang desa,” jelasnya.

Staf Ahli Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Bito Wikantosa membeberkan, pemerintah sedang melakukan pengembangan percontohan desa inklusi. Targetnya 640 desa di 160 kabupaten dan 33 provinsi. Berlangsung mulai 2021 hingga 2024.

Pemihakan kepada kelompok rentan, termasuk kelompok masyarakat difabel menjadi fokusnya.

 

 

#Chaidir Syam #Kabupaten maros #Desa inklusi