Kereta Api At Grade atau Elevated Terus Diperdebatkan, Hamka B Kady: Jangan Sampai Mangkrak!
Diharapkan jalur kereta api Makassar - Parepare bisa selesai. Kemudian pembangunan bisa berlanjut ke Mamuju, lalu ke Palu, Kendari, dan akhirnya tiba di Manado, sehingga terhubunglah Kereta Api Trans Sulawesi.
MAKASSAR, BUKAMATA - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady, berharap, perdebatan di ranah publik tentang jalur kereta api, apakah at grade atau elevated, segera dihentikan. Ia menyarankan agar Balai Kereta Api, Pemprov Sulsel, dan Pemkot Makassar, duduk bersama dan tidak lagi berdebat di ranah publik.

"Pak Wali tentu punya pertimbangan-pertimbangan tersendiri. Kemudian dari pihak Kementrian dalam hal ini Balai Kereta Api, juga tentu punya pertimbangan secara teknis dan biaya, sehingga kereta api yang melalui Kota Makassar konsepnya bukan elevated," kata Hamka, Selasa, 9 Agustus 2022.
Anggota Badan Anggaran DPR RI ini menjelaskan, membangun rel kereta api yang elevated biayanya cukup mahal. Selain itu, elevated bisa dilakukan kalau terpaksa, karena tidak ada jalurnya.
Ia mencontohkan, LRT Jakarta. Jalurnya tidak memungkinkan kalau tidak elevated. Makanya dilakukan evelated. Begitupun kereta cepat Jakarta - Bandung, yang sekarang bermasalah karena terjadi pembengkakan biaya yang tidak sedikit, antara USD 1,1 Milion - USD 1,9 milion.
"Itulah contoh yang konkrit. Jangan terlalu kita berprasangka. Mari duduk berpikir secara jernih, apakah yang dilalui rel kereta api di Maros - Makassar ini memang tidak ada jalannya untuk dibawah. Konsep elevated itu kalau dia memang ada di perkotaan yang padat penduduknya, dan tidak ada lahan yang bisa dijalani secara normal, itu baru elevated," ujarnya.
Sebagai Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur, Hamka mengaku sudah mencermati laporan yang disampaikan Balai Kereta Api. Di lokasi tersebut, tidak ada pemukiman padat yang dilalui.
Meski demikian, politisi Partai Golkar ini mengaku menghargai pemikiran Wali Kota Makassar. Tetapi dalam kondisi-kondisi seperti ini, semua pihak harus berpikir dengan baik.
"Jangan sampai kita berharap elevated, tapi malah mangkrak akibat tidak adanya biaya. Lagi-lagi saya katakan bahwa membangun kereta api harus cermat. Jangan kita main-main, karena ini persoalan uang, investasi," tegasnya.
Ia berharap, pembangunan rel kereta api Maros - Makassar menuju New Port ini bisa diselesaikan dengan baik. "Mari sama-sama mencari solusi, inprinsip bahwa kalau kita mau memutuskan sesuatu, harus memikirkan masyarakat, termasuk anggarannya," imbaunya.
Hamka menambahkan, yang ingin dipercepat adalah bagaimana menghubungkan kereta api itu ke New Port, karena kereta api bukan hanya untuk angkut orang, tapi juga barang.
"Prinsip bisnisnya disini adalah ada dua pelabuhan besar yang dihubungkan kereta api ini. Garongkong, Pabrik Semen Tonasa, jadi alur barang juga bisa maksimal," tuturnya.
Konsep kereta api yang dimulai di Sulsel ini, sambung Hamka, konsepnya adalah Kereta Api Trans Sulawesi. Diharapkan Makassar - Parepare bisa selesai. Kemudian lanjut ke Mamuju, lalu ke Palu, Kendari, dan akhirnya tiba di Manado, sehingga terhubunglah Kereta Api Trans Sulawesi.
"Itulah master plan kereta api ini, untuk jangka panjang. Jangan lagi berdebat soal elevated atau non elevated, yang terpenting difungsikan secara cepat," pungkasnya. (*)
News Feed
Kominfo Makassar Tingkatkan Kapasitas OPD Lewat Bimtek Arsitektur SPBE
23 Oktober 2025 19:40
Kurang dari 24 Jam, Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Curanmor di Bontocani Bone
23 Oktober 2025 17:54
13.224 PPPK Kemenag Dilantik, Termuda Usia 20 Tahunan
23 Oktober 2025 17:47
