Wiwi
Wiwi

Minggu, 07 Agustus 2022 07:22

Sering Tiba-Tiba Ngantuk?, Kenali Penyebabnya

Sering Tiba-Tiba Ngantuk?, Kenali Penyebabnya

Kondisi tiba-tiba ngantuk sering kali terjadi, disertai dengan gejala sulit konsentrasi dan tidak mampu mengendalikan emosi.

BUKAMATA - Rasa ngantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, bahkan saat mengendarai kendaraan.

Kondisi ini sering kali terjadi, disertai dengan gejala sulit konsentrasi dan tidak mampu mengendalikan emosi. Tentunya hal ini tak bisa dibiarkan terlalu sering dan lama karena akan mengganggu produktivitas dan kegiatan lainnya. 

Rasa ngantuk yang muncul di siang hari kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang umum terjadi, diantaranya:

1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu hal yang sering kali membuat seseorang mudah ngantuk. Saat kurang tidur, Anda juga akan lebih sulit mengendalikan emosi dan susah fokus ketika melakukan sesuatu.

Namun, selain karena kurang tidur, keluhan sering mengantuk juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam justru lebih mudah merasa ngantuk keesokan harinya.

2. Stres dan depresi

Stres dan depresi menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak pada malam hari dan akhirnya merasa ngantuk di siang hari. Depresi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah gangguan tidur, misalnya insomnia dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

#Tidur #mengantuk #menguap #Tips #Info Kesehatan

Berita Populer