Wiwi
Wiwi

Rabu, 03 Agustus 2022 07:13

Potret Mima (tengah) bersama Kona Ratuliu dan Indra Brasco.
Potret Mima (tengah) bersama Kona Ratuliu dan Indra Brasco.

Nyaris Bunuh Diri, Putri Mona Ratuliu Ungkap Perjuangannya Lawan Kesehatan Mental yang Buruk

Anak sulung Mona Ratuliu dan Indra Brasco yang bernama Mima Shafa mengungkapkan perjuangannya melawan penyakit mental yang dideritanya sekitar 7 tahun.

BUKAMATA – Selama ini keadaan keluarga pasangan artis Mona Ratuliu dan Indra Brasco jauh dari kabar miring.

Namun baru-baru ini, anak sulung Mona Ratuliu dan Indra Brasco yang bernama Mima Shafa mengungkapkan perjuangannya melawan penyakit mental yang dideritanya sekitar 7 tahun.

Melalui akun instagramnya, Mima Shafa menceritakan kondisi dirinya yang tengah berjuang melawan penyakit mental yang diidapnya.

Mima Shafa mengaku sempat kesulitan melawan penyakit mentalnya, mulai dari depresi, emosi yang tak stabil, perban luka ditangannya hingga harus dirawat di rumah sakit.

Penyakit yang dialami Mima Shafa tentu menjadi pukulan berat bagi Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Karena Mima Shafa mengalami kondisi sakit mentalnya tersebut sering naik turun selama 7 tahun belakangan.

Akibatya, Mima Shafa mengaku sempat melakukan hal buruk saat dirinya mengalami depresi selama beberapa tahun.

Segala cara dilakukan mulai dari belajar tentang kesadaran mental, hingga berkumpul dengan keluarga.

"Waktu SMP, aku tertarik untuk belajar lebih banyak tentang kesehatan mental karena kesadaran yang aku rasain dengan diriku sendiri. Setelah itu, aku jadi interested untuk mengadvokasi tentang kesadaran kesehatan mental dan bukan itu aja, tapi juga gimana supaya orang2 yang gak teredukasi tentang kesehatan mental bisa belajar dan mengurangi stigmanya," tulis Mima di Instagramnya dilansir Bukamata, Rabu (3/8/2022).

Diketahui, putri Mona Ratuliu mengambil pendidikan jurusan psikologi serta advokat kesehatan mental demi mendalami tentang penyakit yang dideritanya.

"Aku tetap mengalami naik turun. Selama 7 tahun aku selalu bertanya2, 'apa yang salah sih sama aku?' di depan semua orang, aku mungkin terlihat seperti seseorang yang tau semua jawabannya," ujar Mima.

"Kukan cuman dari belajar advokasi MHA dan juga sebegai mahasiswi psikologi, tapi juga banyak privilege yang aku punya. Tapi kenyataannya, aku masih menderita dan kesusahan, dan itu manusiawi," ungkapnya lagi.

Hingga pemilik nama lengkap Davina Shafa Felisa diketahui sempat melakukan percobaan bunuh diri di usianya yang baru 19 tahun.

"Juli 2022 adalah waktu yang penting untuk aku selama 19 tahun hidup. i survived. aku gak akan bisa lebih mengenal diri sendiri kalau aku gak survive," tulis Mima Shafa.

Dalam unggahanya, Mima kerap menunjukkan ekspresi menagis dengan mata yang sembab. Bahkan di suatu momen ketika ia berusaha tegar dan menutupinya dengan riasan sembari menahan tangis.

Beruntungnya, kondisi Mima dikabarkan sudah mulai membaik. Tak lupa ia mengucapkan terima kasihnya kepada semua orang yang telah membantunya keluar dari situasi buruk.

Tampak dalam video tersebut, Indra Brasco dan Mona Ratuliu mendmapini sang putri yang dirawat di rumah sakit.

Sejumlah rekan dan sahabat Mima Shafa juga telihat menyemangatinya dan menjenguknya di rumah sakit.

"Di waktu yang tepat, aku cerita ke kalian. sebelum bulan ini berakhir, aku mau bilang terima kasih ke semua orang yang udah mendukung dan sayang sama aku. bunda dan yanda, teman2, terutama diri ku sendiri," tulis Mima Shafa.

Mona Ratuliu sendiri terenyuh melihat perjuangan anaknya melawan sakit mental yang diidap terlihat meninggalkan komentar yang sukses membuat warganet haru.

"Terima kasih mima masih mau nemenin bunda yanda belajar terus. Love you more than you know," ujar Mona Ratuliu. "I love you bunda, makasih udah selalu ada buat mima," balas Mima.

Terakhir, Mima juga menyampaikan pesan kepada pejuang mental untuk memberitahu kepada orang-orang disekeliling untuk tak segan meminta bantuan.

"If you’re reading this, pasti akan ada jawaban dari semua pertanyaan yang kamu punya. kuncinya adalah bertahan. pelan2 cerita dan kasih tau orang2 yang kamu percaya tentang situasi mu. jangan takut untuk bicara dan cari bantuan. you always matters,"pungkas Mima Shafa.

#mona ratuliu #kesehatan mental #depresi #Bunuh diri