Hikmah
Hikmah

Rabu, 18 Mei 2022 13:07

Perjalanan Indonesia Perangi Covid 19, Dari Pandemi Jadi Endemi

Perjalanan Indonesia Perangi Covid 19, Dari Pandemi Jadi Endemi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi Covid-19.

BUKAMATA - Langkah panjang Indonesia memerangi Virus Covid 19 selama dua tahun seperti nya akan masuk ke babak akhir. 

Sejumlah langkah strategis diambil pemerintah tahun ini untuk mengubah status Covid 19 dari pandemi menjadi Endemi. 

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dan sejumlah instansi terkait sudah berjuang untuk mencapai persentase jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin 1 dan 2. 

Pemerintah disebutkan mulai mempersiapkan skenario penanganan Covid-19 di RI dari pandemi menjadi endemi. Salah satunya adalah mengizinkan pelaksanaan mudik lebaran 2022 setelah dua tahun sebelumnya dibatasi.

Terbaru pemerintah juga telah mengumumkan secara resmi pelonggaran penggunaan masker sebagai salah satu protokol kesehatan wajib yang diterapkan selama pandemi. 

Per hari ini Rabu (18/5/2022) masyarakat boleh beraktivitas secara bebas di luar ruangan tanpa masker. 

Hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi sesuai dengan kebijakan yang diumumkan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu hal terpenting untuk mencapai tahapan tersebut adalah pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing individu.

"Belajar dari sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap.” Ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers secara daring bersama Satgas Penanganan Covid-19 (17/05/2022).

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebutkan Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi Covid-19.

Muhadjir mengatakan kondisi itu berdasarkan data Covid-19 di Indonesia. Di antaranya angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, dan angka kematian yang rendah.

"Sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," ujar Muhadjir, Kamis. 

Muhadjir menuturkan transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur Idulfitri tahun ini. Menurutnya, jika pasca Idulfiri tidak ada penambahan kasus signifikan, maka Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

 

 

#Virus covid 19 #Pandemi jadi Endemi